oleh

Bimtek Pengawas TPS Kel.CBU Panwaslu Kec Jatinegara Dihadiri Komisioner Bawaslu DKI

 

JAKARTA,KICAU NEWS.COM- Setelah di lakukan Pelantikan Serentak tanggal 25 Maret 2019 di GOR Kecamatan Jatinegara, Panwaslu Kecamatan Jatinegara melakukan Bimbingan Teknis ( Bimtek) untuk pengawas TPS.

Pada hari Rabu, 27 Maret 2019 Bimtek Pengawas TPS untuk kelurahan Cipinang Besar Utara yang di adakan di aula RPTRA Kel Cip Besar Utara.

Acara d buka langsung oleh IGN Sumantri selaku Kepala Sekretariat Panwaslu kecamatan Jatinegara.

Irwan Rambe selaku Komisioner Bawaslu DKI Jakarta hadir dalam acara bimtek Pengawas TPS di kelurahan CBU, dalam arahan nya beliau katakan bahwa Pengawas TPS adalah ujung tombak dari Bawaslu RI, oleh karena nya Tugas, wewenang dari pengawas TPS harus di pahami dan di kuasai oleh Pengawas TPS.

Acara di mulai dengan menonton video tutorial tentang suasana TPS dari Bawaslu RI, peserta pun khidmat menonton video tersebut, setelah menonton video peserta di berikan test tentang pengawasan.

Acara di moderatori oleh Anugrah Widhy selaku Kordiv SDM Panwaslu kecamatan Jatinegara
Kemudian penyampaian materi oleh Ahmad Yani selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Jatinegara.

Dalam penyampaian materinya beliau katakan
Tugas Pengawas TPS telah diatur dalam Pasal 114 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam Pasal itu Pengawas TPS, yakni mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” kata dia.

Selain itu, kata nya lagi, dalam Pasal 115 bahwa Pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara, menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga :  Syekh Moh Ali Jaber ditikam, Pemuda Masyumi Meminta Kepolisian Untuk Usut tuntas

“Sedangkan, dalam pasal 116 Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/ Desa dan menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/desa,” kata dia.

Untuk informasi di Kecamatan Jatinegara ada 888 TPS dan sebanyak itulah Pengawas TPS yang ada di kecamatan Jatinegara.

Panwaslu Kecamatan Jatinegara:
Ketua: Ahmad Yani
Anggota: Anugrah Widhy dan Setiawan
( AW)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru