banner 728x250

Latihan Rajawali Perkasa 2019 Lanud Halim Perdanakusuma

  • Bagikan
banner 468x60

JAKARTA, KICAUNEWS.COM -Usai melaksanakan gladi posko, Iatihan satuan Lanud Halim Padanakusuma dengan sandi Rajawali Perkasa 2019 memasuki  tahap manuver lapangan, yang digelar seputaran Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu ( 27/3/19 )

Komandan wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Firman Wirayuda selaku Direktur Latihan menyebutkan, “bahwa kegiatan manuver lapangan merupakan rangkaian latihan yang sudah digladikan pada hari  sebelumnya’.

banner 336x280

‘Beberapa unsur yang dilibatkan meliputi unsur angkut, unsur VVIP, unsur Heli, unsur SAR, unsur Intai dan unsur Pertahanan Pangkalan sesuai dengan perannya masing-masing”‘, Danwing  Udara 1 menambahkan.

‘Unsur angkut melibatkan beberapa pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2 dan beberapa pesawat C 130 Hercules dari Skadron Udara 31’, ujar Danwing Udara 1.

‘Pesawat CN 295 bertugas melaksanakan survey dan pemotretan udara. tujuannya mengetahui kondisi lapangan guna operasional pesawat udara dan pasukan yang akan didatangkan beserta bantuan Iainnya, selain itu, pesawat ini Juga melaksanakan Medik Udara, dan penerjunan Tim Assesment Paskhas untuk membuka jalur komunikasi dan menilai  kerusakan akibat bencana, sehingga akan diketahui secara nyata kondisi  daerah bencana, baik dari aspek dampak bencana, maupun prioritas  kebutuhan logistik didaerah bencana”‘, paparnya.

‘Kemudian di lanjutkan drooping pasukan dengan cara penerjunan statik menggunakan C 130 Hercules  dan penerjunan bekal logistik ke daerah bencana dengan cara diterjunkan menggunakan metode helly box (bekal ulang Iogistik) menggunakan CN 295 ”  lanjutnya.

Selanjutnya dijelaskan, ”Selain C-130 Hercules, dan pesawat CN 295, juga di latihkan angkutan udara VVIP/VIP menggunakan pesawat AS/NAS 332 dari Skadron Udara 45, dan Konjeret VVIP/VIP  untuk melaksanakan misi standby konjeret VVlP/VIP menggunakan pesawat B-737 Skadron Udara 17″.

“Selain kegiatan Operasi dukungan udara, guna meningkatkan profesionalisme personel pendukung, juga dilatihkan simulasi penanganan kondisi emergency oleh crash team serta penaggulangan huru hara oleh seksi Hanlan. Satpomau, Intelpam Lanud Halim Perdanakusuma”, pungkasnya.

Baca juga :  BPK dan BAI Korea Perkuat Pemeriksaan Investigatif dan Sistem Quality Assurance

Pen HPK/Trs

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *