oleh

Serap Aspirasi Warga Lewat Saba RW, Jadi Rutinitas Desa Lambangsari

Kab.Bekasi, Kicaunews.com – Meskipun Musrembang sudah berakhir namun bagi Kepala Desa Lambangsari, Kabupaten Bekasi masih tetap menyerap aspirasi dari warganya terkait berbagai keluhan dan permasalahan yang dihadapi warganya. Lewat program Saba RW, Pipit Haryanti terinspirasi agar desa yang dipimpinnya menjadi lebih berkembang dan maju.

Hal ini menjadi agenda rutin Kepala Desa untuk mengunjungi setiap RW di wilayahnya. Ternyata program Saba RW ini satu – satunya program yang ada di Kab Bekasi karena baru di Desa Lambangsari ini ada program Saba RW. Seperti yang diakui oleh Sugiana, Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.

“Program Saba RW ini sangat bagus sekali dan baru ada di Desa Lambangsari, ini bisa menjadi percontohan bagi desa – desa lainnya karena dengan mendengar apa yang dibutuhkan warganya seorang kepala desa bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk membangun desanya lebih baik lagi,” ucap Sugiana usai menghadiri Saba RW 03 di Kampung Wareng Kali Jambe, Minggu (24/3/2019).

Kepala Desa Lambangsari, Pipit Haryanti berharap aspirasi warga hasil dari program Saba RW ini bisa menjadi masukan buat dirinya untuk menyusun program yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan warga dan desanya.

Saba artinya mengunjungi, menyapa, melihat atau silaturahmi ke warga. Program ini adalah inovasi program andalan pemerintah Desa Lambangsari dan tujuannya agar pemerintah Desa lebih dekat lagi kepada masyarakatnya. Jelas Pipit.

Dengan mendengarkan setiap keluh kesah dan masukan serta saran dari warga di wilayah masing-masing RW tentu dalam setiap kebijakan yang nanti dikeluarkan melalui pemerintah Desa Lambangsari menjadi tepat sasaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca juga :  Kongres I Forum Wartawan Tangerang yang berlangsung pada 26-27 April 2019, berlangsung Lancar dan Demokratis

Program Saba RW ini dilakukan setiap dua minggu sekali dan setiap RW mendapat giliran kunjungan dari kepala desa yang sudah terdata sebelumnya. “Semua terdata dan ini sudah berjalan yang ketiga kalinya,” ucap Kades.

“Seandainya usulan dari warga belum masuk ke hasil musrembang nanti bisa kita coba masukan ke perubahan program desa,”tuturnya.

Lebih lanjut Pipit, mengatakan prioritas pembangunan desa salah satunya program Kampung KB dan saat ini tengah dilaksanakan Pemerintahan Desa Lambangsari
selain itu penataan administrasi aset desa dan pendirian BUMDES juga menjadi agenda desa selanjutnya.

Acara Saba RW kali ini di RW 03 disambut antusias warga, dan sebelum acara sebanyak 150 bersuka cita bersenam sehat bersama – sama dengan Kepala Dusun 2 Lambangsari, Mirsa, serta Ketua RW 03.

Selain itu, dalam perencanaan Struktur BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), kata Pipit, hal tersebut sedang digarap dan bagi siapa saja yang ingin menjadi Direktur Bumdes, nanti akan diumumkan,
“Asalkan warga Desa Lambangsari yah,” ucap kades dengan senyum ramahnya. (fie)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru