oleh

Turunkan Angka Golput, Mendagri Imbau Pemda Tingkatkan Sosialisasi

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak seluruh pihak untuk mensukseskan Pemilu 2019.

Diharapkan Para pemilih dapat menggunakan hak suara dalam Pemilu Legislatif (Pileg) serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang berlangsung serentak pada 17 April 2019 mendatang.

Soal pentingnya para pemilih untuk tidak golput, menurut Tjahjo Kumolo, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau pemerintah daerah (pemda) meningkatkan sosialisasi.

“Pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota melalui humas masing-masing, sosialisasikan sukses Pemilu serentak 2019. Pasang iklan di media lokal, pasang spanduk poster baliho dan menggerakkan ASN-nya (Aparatur Sipil Negara) untuk ikut sosialisasi,” ujar Tjahjo dalam keterangannya seperti diberitakan Beritasatu, pada Kamis (21/3/2019).

Tjahjo Kumolo mengungkap, ajakan Kemendagri juga sudah disampaikan dalam rapat koordinasi camat, kepala desa, satuan polisi pamong praja, dan satuan perlindungan masyarakat.

Menurutnya, keamanan dan ketertiban menjelang dan saat hari H harus dijaga, di bawah komando serta koordinasi Polri yang sinergi dengan TNI, dan BIN daerah.

“Kami juga minta daerah agar menggerakkan dan mengajak parpol (partai politik) dan ormas (organisasi masyarakat) serta berkoordinasi dengan para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat di daerah,” pungkas Tjahjo Kumolo.

Untuk diketahui, Mendagri juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) bernomor 099/892/SJ tertanggal 1 Februari 2019. SE tersebut mengatur larangan perjalanan ke luar negeri bagi kepala daerah, DPRD, dan ASN Kemendagri maupun pemda. Larangan itu berlaku pada tujuh hari kalender sebelum dan sesudah 17 April 2019 atau tepat hari pemungutan suara Pemilu 2019.(Red/beritasatu)

Pesan Kemendagri Sukseskan Pemilu Serentak:

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru