oleh

Melalui Gabungan Kelompok Tani “Surya Medal” Tingkatkan Kesejahteraan Anggotanya

Ciamis, Kicaunews.com – Gabungan Kelompok Tani  Surya Medal Desa Tanjungjaya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis yang membawahi lima kelompok tani dalam kinerja untuk mensejahterakan kelompok berbagai upaya di lakukan agar semua bantuan dari pemerintah dapat di salurkan kesetiap kelompok Tani yang terakomodir dan tergabung di  “Gapoktan Surya Medal”.

Lima Kelompok Tani yang tergabung dalam Gapoktan Surya Medal diantaranya Kelompok Kalijaya, Tanijaya kelompok tani Buluhjaya, Minajaya, dan kelompok Tenjo semua kelompok tersebut masing-masing bergerak di bidang pertanian, Hultikutura, perikanan perdagangan juga peternakan.

Menurut Jajang salah satu Ketua kelompok Tani Kalijaya Dusun Cibuluh mengatakan pada tahun 2013 tepatnya Gapoktan “Surya Medal “medapatkan Bantuan melalui  Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Bantuan yang di gelontorkan tersebut yaitu Bantuan Pengembangan usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) yang di alokasikan untuk kesejahteraan anggota kelompok yang bergerak di bidang Holtikutura, perikanan, pertenakan dan juga perdagangan.

“PUAP yang merupakan program kementerian pertanian bagi petani di perdesaan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan dengan memberikan fasilitasi bantuan modal usaha untuk petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang salah satu tujuannya yaitu memberikan kepastian akses pembiayaan kepada petani anggota Gapoktan,” Kata Jajang salah  ketua kelompok Kalijaya ia juga selaku pengurus Gapoktan Surya Medal Desa Tanjungjaya, Senin (11/3/2019).

Struktur PUAP terdiri dari Gapoktan, penyuluh pendamping dan Penyelia Mitra Tani sehingga memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi perdesaan untuk pengembangan kegiatan usaha agribisnis.

Salah satunya Gabungan Kelompok Tani Surya Medal Yang ada di Desa Tanjungjaya yang medapatkan Bantuan PUAP sudah di salurkan kesetiap kelompok yang tergabung dalam Gapoktan Surya Medal dengan tujuan mengurangi kemiskinan, melalui penumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha agribisnis di pedesaan sesuai dengan potensi wilayah.

Baca juga :  BHABINKAMTIBMAS Tanjungjaya Gelar kegiatan Pembinaan Linmas

Menurut Jajang dengan adanya Bantuan PUAP untuk lebih  Memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi perdesaan untuk pengembangan kegiatan usaha agribisnis, dengan  Meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses ke permodalan.

“Sasaran PUAP adalah  Berkembangnya usaha agribisnis di desa  miskin yang terjangkau sesuai dengan potensi pertanian desa,  Berkembangnya Gapoktan yang dimiliki dan dikelola oleh petani, Meningkatnya kesejahteraan rumah tangga tani miskin, petani/peternak (pemilik dan atau penggarap) skala kecil, buruh tani, dan . Berkembangnya usaha agribisnis petani yang mempunyai siklus usaha harian, mingguan, maupun musiman,” tambahnya

Harapannya melalui kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan Surya Medal untuk kedepan dengan adanya bantuan dari pemerintah melalui Dinas terkait kelompok kelompok  tani yang ada di desa Tanjungjaya bisa lebih maju untuk kesejahteraan anggota kelompok khususnya pada umumnya masyarakat bisa lebih baik tarap perekonomiannya .

“Selain itu juga kami mengajak ke seluruh kelompok, adapun dampak yang kurang atupun bisa membawa kelompok kurangnya berkembang kita saling jalin komunikasi saling memberikan masukan agar dalam kelompok bisa mendapatkan titik terang dan kondusifitas untuk menjadikan masyarakat yang mampu mandiri  dalam peningkatan ekonomi mayarakat ke arah yang lebih baik,” pungkasnya (yat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru