oleh

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Prioritas Utama Pemdes Mekarsari Kecamatan Tambaksari

Ciamis, Kicaunews.com – Kemajuan desa di seluruh Indonesia dengan adanya kepedulian Pemerintah mencanangkan anggaran dana desa ke setiap desa di seluruh Indonesia yang bersumber dari APBN telah terlaksana.

Salah satunya di Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari Kab Ciamis, yang saat ini di bawah kepemimpinan kepala Desa Ratam Suganda S.pd, Desa Mekarsari sukses alokasikan anggaran yang di gelontorkan pemerintah yang bersumber dari APBD I. APBD II, Ataupun yang bersumber dari APBN, Anggaran tersebut di alokasikan untuk pembangunan di 5 dusun, diantaranya Dusun Sukajaya, Dusun Linggaharja, Dusun Samarang, Dusun Bitungsari dan Dusun Singasari yang ada di wilayah Pemdes Mekarsari.

Berdasarkan Musrembang Desa dan musyawarah antar masyarakat dan tokoh masyarakat bahwa pengelolaan anggaran bantuan pemerintah baik bantuan kabupaten, bantuan provinsi ataupun pemerintahan pusat sudah terlaksana dengan baik.

“Alhamdullilah manfaatnya sudah di rasakan oleh masyarakat,” ini di katakan Dedi sekertaris Desa saat di temui reporter Media Online kicaunews diruangannya, Jumat (8/3/2019).

Dijelaskannya, dalam melaksanakan pembangunan di daerah selalu siap dan sigap juga di ruang lingkup lembaga desa selalu menjalin komunikasi yang baik sehingga akan terjalin kinerja yang maksimal.

“Di awal tahun 2019, ini sala rencana pembangunan sarana prasarana terutama mengenai infrastruktur dalam tahap I akan di alokasikan pengerjaannya di 5 dusun secara merata,” katanya.

Mengenai rencana pembangunan tahap I, diantaranya Prioritas penggunaan dana desa tahun 2019
Infrastruktur jalan
1. Rabat beton jalan adam purwa dusun singasari
2. Pengaspalan jalan kencana dusunlinggaharja
3. Rabat beton jalan bangkong dusun sanarang
4. Gorong2 jalan pasantren dusun samarang
5. Rabat beton jalan curug dusun sukajaya
6. Pengaspalan jalan adam purwa 2 dusun singasari
7. Penataan wisata desa

Baca juga :  Metode Baca Quran Yanbu'a di Yayasan Wafizs Al-Amin Digandrungi Emak Emak

Pemberdayaan masyarakat :

1. Penyertaan modal bumdes
2. Penyuluhan sadar hukum
3. Penyusunan data dasar keluarga (DDK)
4. Lembur berseka
5. Pespustakaan desa

Bantuan provinsi :

1. Sapa warga
2. Tunjangan penghasilan aparatur pemdes
3. Insfrastruktur (rabat beton jalan antaip dusun bitungsari).

Masih kata Dedi Dengan diterapkannya dan di alokasikan semua anggaran yang di gulirkan pemerintah, pembangunan yang ada di desa khusuanya di Desa Mekarsari bisa terwujud dan terlaksana sebaik mungkin.

Di samping itu pula mengenai bantuan pemerintah selain daripada anggaran rutin yang di gulirkan pemerintah mengenai kelompok yang terakomodir oleh GAPOKTAN HAWASARI mendapatkan bantuan ataupun anggaran yang di gulirkan oleh Dinas pertanian untuk kesejahteran dan meningkatjkatkan perekonomian diantaranya Bantuan PUAP pada tahun 2010 yang di salurkan melalui kelompok Tani sampai sat ini berjalan hal ini terbukti dalam pengelolaan bantuan untuk kesejahteraan masyarakat di aloasikan dengan sebaik mungkin. Katanya

Ditempat yang sama, Dedi Sekertaris Desa Mekarsari menambahkan dengan adanya pembangunan yang sudah selesai di kerjakan bisa menunjang dan memperbaiki tarap hidup perekonomian masyarakat desa ,juga Desa Mekarsari khususnya bisa lebih maju. Singkatnya. (Yayat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru