oleh

ORWASTU CPNS, Ketua KASN Ucapkan Terimakasih Ke MenPANRB

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Pembukaan Orientasi Wawasan dan Tugas (ORWASTU) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahan Anggaran 2018 Komisi ASN dan Kementerian PANRB yang merupakan hasil Recruitmen CPNS tahun 2018, di Holding Room Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (04/03).

Kegiatan pembukaan Orwastu ini diselenggarakan atas kerjasama antara KemenPANRB dan Komisi ASN  dan dibuka secara resmi oleh Menteri PANRB Syafruddin.

Acara yang dirangkaikan dengan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PNS dari CPNS TA 2017 serta penyerahan SK PNS TA 2017 Kementerian PANRB.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi ASN Prof. Sofian Effendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri PANRB karena setelah 4 (empat) tahun baru kali ini Komisi ASN sebagai sebuah lembaga pengawas penerapan sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN, pelaksanaan  kode etik dan kode perilaku serta netralitas ASN menerima PNS melalui hasil rekruitmen CPNS tahun 2018 yang berjumlah 47 (empat puluh tujuh) dari total 50 (lima puluh) formasi yang ditetapkan Menteri PANRB untuk Komisi ASN tahun 2018.

Tidakbhanya itu, Sofian menambahkan, Kegiatan ini bertujuan untuk dapat menjembatani para CPNS untuk dapat segera beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga sebagai media pengenalan terhadap tugas pokok dan fungsi dari setiap unit kerja yang ada di lingkungan Komisi ASN atau Kementerian PANRB.

Sementara itu, Dalam sambutan MenPANRB Syafruddin menuturkan, Menghadapi tantangan global dan era revolusi industri 4.0, Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dituntut untuk terus beradaptasi dan mengembangkan diri dengan tetap menjunjung tinggi rasa nasionalisme.

‎”Penting bagi anda semua untuk mengembangkan diri, berpikir kritis, berinovasi sehingga memiliki daya saing yang positif,” ujar.

tugas dan tuntutan untuk melayani masyarakat di masa mendatang tidak mudah lantaran akan terus berkembang seiring perubahan zaman dan Negara harus tetap hadir untuk melayani masyarakat dengan kualitas terbaik melalui aparaturnya.

“ASN merupakan mesin utama mendorong peradaban baru dalam kelembagaan pemerintah dengan menjalankan program pembangunan. ASN merupakan aset terbaik bangsa dalam menjalankan roda pemerintahan di masa mendatang,” kata dia.

Untuk itu, Syafruddin mengingatkan setiap aparatur negara tidak larut dalam zona nyaman. Apalagi pemerintah dari pusat hingga daerah sedang dihadapkan pada era revolusi industri 4.0. Kemudian akan memasuki super smart society 5.0 yang mengubah tata cara kehidupan bermasyarakat.

Jadi pola pemerintahan termasuk pola kerja aparatur akan bertranformasi ke arah untuk menjawab tantangan yang ada.

“Berpikir strategis sehingga anda dapat berevolusi menjadi ASN teladan yang menjadi pilar reformasi birokrasi.‎ Sebagai ASN harus selalu dekat dan peduli kepada masyarakat melalui kinerja serta aksi nyata,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, dari Komisi ASN turut hadir Wakil Ketua Komisi ASN Irham Dilmy, Komisioner Bidang Promosi dan Advokasi Prijono Tjiptoherijanto, Komisioner Bidang Monitoring dan Evaluasi Waluyo, Kepala Sekretariat Komisi ASN Harry Mulya Zein, dan Asisten Komisi ASN Bidang Promosi dan Advokasi Nurhasni.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru