oleh

Mengenal Lebih Jauh Erwin Hidayatulloh, Profil Figur Calon Wakil Rakyat Diparlemen Jakarta

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Lelaki berperawakan tegap dan berpenampilan sederhana itu kerap kali ditemui hampir saban hari mengunjungi warga di wilayah kecamatan Tanjung PriUk, Pademangan dan Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Di masa kampanye pemilu serentak ini, ketiga kecamatan itu merupakan daerah pemilihan (dapil) tiga Jakarta untuk pemilihan calon legislatif DPRD DKI Jakarta.

Dapil tiga ini memperebutkan 9 kursi parlemen Dan lelaki itu, yang bernama Erwin Hidayatulloh Al Jakartaty adalah seorang Calon Legislatif DPRD DKI Jakarta untuk dapil tiga dari Partai Gerindra dengan nomor urut 9 (terakhir) dimana Aktifitasnya keliling dapil sudah dimulai sejak September 2018 lalu hingga saat ini.

Kerap kali dalam setiap kunjungannya bertemu warga, Erwin membawa serta keluarga kecilnya, yakni dr. Rinny Marthavinna, istrinya dan Djoeang Anies-Sandi HSA, putranya yang baru berusia dua tahun.

Yaa, Erwin baru memiliki seorang putra balita lucu dan aktif yang lahir saat perjuangan Pilgub Jakarta 2017 lalu.

Makanya di beri nama yang heroik dan sempat viral saat kelahirannya karena di jenguk langsung oleh Anies Baswedan Gubernur Jakarta. Kebetulan saat itu Erwin aktif sebagai Relawan Roemah Djoeang, sebuah organisasi relawan pengusung Anies -Sandi dan saat ini adalah organ relawan terbesar yang memperjuangkan Prabowo Sandi (RDPS) dan Erwin adalah Koordinator Wilayah (Korwil/ketua) Roemah Djoeang Jakarta Utara.

Saat ini, korwil RDPS Jakarta Utara ini juga tercatat dalam lembaran negara terbitan KPUD DKI Jakarta sebagai salah seorang Calon legislatif DPRD DKI Jakarta. Karena nya perjuangan Erwin Hidayatulloh pun tak hanya mengajak orang untuk memilih duet Prabowo Sandi tetapi juga perjuangkan satu kursi untuk parlemen Ibukota bersama para relawan RDPS Jakut khususnya yg berada di dapil tiga.

Gaya bersosialisasi Erwin terbilang unik, Ia menerapkan pola kerja dan sistem pengorganisasian relawan ala Roemah Djoeang sesuai arahan Panglima RDPS Dr. Pius Lustrilanang.

Pengorganisasian relawan modern berbasis data dengan  aplikasi online, WA Grup dan kopi darat (kopdar) atau silaturahmi sesama relawan. Dengan pola ini Erwin rutin menyapa para relawan RDPS setiap saat, memberi info, mengarahkan dan memberi jawaban atas setiap pertanyaan. Korwil RDPS Ini membangun pola komunikasi yang intensif. Model gerakan inilah yang kemudian dipadukan dengan gaya kesehariannya yang low profile, ramah dan santun namun tetap memiliki ketegasan sikap.

Sifat bawaan itu tergambar jelas saat Erwin sering menjenguk warga atau relawannya yang di rawat di Rumah Sakit, mengikuti Tahlilan atau selamatan, hadiri resepsi nikahan warga, atau sekedar diskusi sambil ngopi di rumah relawannya. Dia sering keluar masuk gang-gang sempit pemukiman warga Jakarta Utara yg padat.

Erwin cukup konsisten dengan pola
keorganisasian yg dibangunnya tersebut Hingga tak heran dari interaksinya dengan para relawannya inilah tercipta suasana persaudaraan, kekerabatan dan persahabatan yang hangat.
“Meski sekarang seorang Caleg, berinteraksi dengan Bang Erwin seakan berhadapan bukan dengan seorang calon anggota Dewan. Tidak ada jarak, akrab dan tidak kaku. Beliau supel dan fleksibel, tidak membedakan orang,” demikian tutur seorang  relawan di Pademangan Barat saat di minta komentarnya terkait sosok Erwin.

Sejatinya Erwin Hidayatulloh adalah seorang Aktifis. Ia merupakan salah satu veteran aktifis 98, aktifis pemuda Betawi dan Jakarta, serta sarat pengalaman berorganisasi yang panjang.

Meski saat ini bekerja sebagai Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi IV (Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Kelautan) dari Fraksi Partai Gerindra, namun karakter aktifisnya tidaklah hilang. Sifat Egaliter (kebersamaan), supel, komunikatif, santun, berani, bertanggung jawab dan merakyat tetap melekat. Ditambah kesederhanaan dalam kesehariannya.

Sebagai seorang aktifis sosial, Erwin sudah melanglang buana ke seluruh pelosok Indonesia hingga beberapa negara di Asia dan Eropa. Perjalanan itu kerap dilakukannya baik dikarenakan terkait pekerjaannya maupun tugas keorganisasiannya.

Dengan pengalamannya itu menjadikan ia seorang figur yang bisa masuk ke berbagai kalangan dan profesi tanpa melihat latar belakang. Karenanya tokoh pemuda Betawi ini pun tak canggung jika berhadapan dengan siapapun. Erwin cepat akrab dengan berbagai karakter orang dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sebuah modal utama dalam pencalegannya saat ini.

Erwin Hidayatulloh Al Jakartaty Ibnu Tarmuzi As Syatirih nama lengkapnya, cukup panjang memang, jadi disingkat  Erwin Hidayatulloh saja Dilahirkan di Jakarta hampir 43 tahun lalu dari pasangan H. A. Tarmudzi HS dan Hj. Djamilah, dari kalangan masyarakat Betawi.

Mendapatkan pendidikan formal yang cukup hingga perguruan tinggi, dan sempat menghabiskan masa remajanya di pondok pesantren di luar Jakarta. Karena itu qua intelektual dan religiusitasnya sangat kentara. Erwin pun sempat menulis beberapa buku soal sosial-politik dan keorganisasian.

Terlahir sebagai anak Betawi, Erwin amat mengenal karakteristik  kota Jakarta, budaya dan segala permasalahannya, karena sejak kecil dia suka kelayapan, jauh main kemana saja sudut ibukota.   Sifatnya tetap kental, selain suka mengikuti kegiatan keagamaan juga sempat beribadah ke tanah suci.

Dan sebagai anak bangsa, sikap nasionalismenya cukup tinggi. Terbukti Erwin beristrikan dr. Rinny yang merupakan putri Minang dan berdomisili asal di Pekanbaru, Riau. Erwin pun menemukan sosok istrinya ini saat sedang beraktifitas di Yogyakarta pada 2014 lalu.

Sebuah perjalanan cinta yang panjang. Selain itu saat ini Erwin masih menjabat sebagai Wakil Komandan Komando Nasional Resimen Mahasiswa  (Wadan Konas Menwa) Indonesia. Sebuah organisasi pemuda-mahasiswa yg bervisi bela negara dan mendidik kader muda bangsa yang ditempa disiplin, loyalitas, jiwa Korsa dan militansi kebangsaan.

Dalam konteks pencalegannya saat ini, Erwin bertekad bersama relawan Roemah Djoeang untuk turut memenangkan Prabowo Sandi di wilayah Jakarta Utara sekaligus berupaya keras menyumbangkan satu kursi parlemen di kebon sirih untuk partai Gerindra. Karena menurutnya Ia sengaja tidak menggarap basis dan struktural Partai Gerindra di wilayahnya, tapi lebih banyak mengajak bergabung masyarakat awam dalam barisannya dengan pendekatan dialogis bukan paksaan.

Saat ditanyakan mengenai visi-misinya sebagai calon anggota Dewan, Erwin mengatakan bahwa sebagai warga negara yang diberi kesempatan sebagai calon legislatif, ia ingin turut serta membangun Jakarta dengan menciptakan lembaga legislatif yang lebih aspiratif, terbuka serta familiar dengan masyarakat. Selain itu bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab untuk konstituen di dapilnya.

“Bekerja dan mengabdi sebaik mungkin untuk rakyat Jakarta, mengawal pembangunan kota, ikut perangi korupsi dan terus membangun pemahaman tentang tugas-fungsi DPRD serta pelayanan terbaik untuk semua, masyarakat di dapil tiga dan juga para relawan Roemah Djoeang yang dengan setia dan ikhlas mendukung saya,” demikian kata Erwin lebih lanjut.

Ditanya tentang urutan caleg nya yang nomer terakhir, dengan tersenyum Erwin menjelaskan bahwa tentang nomor urut itu bukan persoalan besar.

Baginya semua tergantung Allah SWT dan rakyat, jika memang sudah takdir, yang jadi maka jadilah begitu pula sebaliknya. Bahkan Erwin menegaskan bahwa sembilan itu angka tertinggi, angka ganjil yang baik dan bisa jadi angka keberuntungan. Yang penting terus berbuat baik dan menebarkan kebaikan bagi masyarakat. Dalam pencalegannya ini Erwin tak sekedar cari suara, tapi juga cari berkah dan pahala. Semua dilandasi ke ikhlasan dan kesadaran berdemokrasi juga pembelajaran hikmah.

Berikut sekilas riwayat profil Erwin Hidayatulloh.
DATA DIRI:
– Nama: Erwin Hidayatulloh Al Jakartaty
– Istri : dr. Rinny Marthavinna
– Anak : Djoeang AniesSandi HSA
– Agama: Islam
– TTL : Jakarta, 31 Juli 1975

PENDIDIKAN FORMAL-INFORMAL:
– FISIP UNTAG Jakarta (1993-1997)
– Program Politik Univ Indonesia (2004-2006)
– Pondok Pesantren (1990-1992)
– Diksar Menwa Jayakarta (1993)
– SUSKALAK (1994)
– SUSKAPIN XXIV (1996)
– TANNASDA (2007)

PEKERJAAN:
– Tenaga ahli DPR RI A-351 Fraksi Partai Gerindra
– Senior Riset The Candidate Center
– PT. Pena Adventure (2010-2012)
– Staf Pengajar UT (2009-2011)
– Guru Mulok Budaya Betawi SMA 6 Jakarta (2008-2010)
– Staf bid Pemuda-mahasiswa Sekjen Depdagri 2001-2003

PENGALAMAN ORGANISASI:
– Korwil RDPS Jakarta Utara
– Dept Ek-Bang DPP Partai Gerindra
– Ketua Majelis Kajian Jakarta (MKJ)
– Sekretaris Dewan Pembina Forum Pemuda Betawi (FPB)
– Wadan Konas Menwa Indonesia
– Ketua Harian Pengda Federasi Panjat Tebing Seluruh Indonesia (FPTI) DKI Jakarta (2005-2007)
– Commandante KMN Blueforces ING (2008-2012)
– Ketua Forum Studi Parlemen S2-UI (2006)
– Wasekjen Bamus Betawi (2004)
– DPP KNPI (2012-2015)
– DPD KNPI DKI Jakarta (2002-2005)
– Ketua GARDA PETA DKI Jakarta (2002-2006)
– Kabid Pemuda DPP Forum Komunikasi Anak Betawi/FORKABI (2002-2004)
– Penasehat Forum Komunikasi Mahasiswa Betawi/FKMB (2000-2002)
– DPC GMNI DKI Jakarta (1998-1999)
– Danyon Menwa UNTAG Jakarta (1997-1998)
– Pecinta Alam Garuda Nusantara (1996-1999)

PRESTASI SOSIAL:
– Juri Pemuda Pelopor tingkat Nasional- Kemenpora (2009-2011)
– Juri Pemilihan Abang None Jakarta Pusat (2004-2009)
– Juri Festival Palang Pintu Silat Betawi (2004-2007)
– Konservasi Alam & Lingkungan Cihandam Baduy Luar (1996-1997)

PENGALAMAN DINAS KUNJUNGAN LN:
– Malaysia (2005/2007)
– Singapura (2005/2008/2013)
– Thailand (2006)
– Brunei Darussalam (2008)
– Hongkong (2009)
– RRC/Ghuang Zou-Macao (2011)
– Saudi Arabia (2010/2012/2017)
– Jerman (2014)
– Belanda (2014)
– Belgia (2014)
– Perancis (2014)

Demikianlah gambaran umum dari sosok Erwin Hidayatulloh, sebagai figur seorang calon anggota legislatif dalam pemilu serentak 2019 yang bertarung merebut simpati dan suara rakyat dapil tiga Jakarta Utara untuk kemudian diperjuangkan di kursi parlemen provinsi DKI Jakarta di kebon sirih. tak kenal maka tak sayang, demikian kata pepatah.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru