oleh

Erwin Hidayatulloh: Wisata Sungai di Utara Jakarta Perlu Dikembangkang

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Sungai di Jakarta, atau biasa di sebut Kali cukup banyak mengaliri wilayah ibukota ini. Lebih kurang terdapat 13 aliran sungai di Jakarta yg bermuara ke teluk Jakarta.

Ukuran rata-rata tidak terlalu lebar dan alirannya pun tidak deras, namun berbeda saat di musim penghujan. Tak sedikit kali di Jakarta meluap dan membanjiri daerah sekitarnya. Untuk itu memang perlu dipikirkan dan di kaji terus menerus bagaimana me-manage sungai agar tidak menghadirkan banjir dan mempercantik kota.

Sungai-sungai atau kali-kali alami di ibukota seperti Ciliwung, Krukut, Pesanggerahan, Sunter, Grogol, atau yang buatan seperti kali Malang, kali mati, Mookevart, Kanal Timur, dan sebagainya merupakan bagian dari potret alam Kota Jakarta. Namun sayangnya sebagian besar mengalami dampak kerusakan lingkungan dan tidak di kelola dengan baik. Padahal jika ada kesadaran masyarakat penghuni DAS (Daerah sekitar Sungai) dan niat baik pemerintah provinsi untuk merawatnya pasti akan semakin memperindah wajah ibukota, menambah fungsi pengairan yang baik dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber pendapatan daerah jika bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata sungai.

Demikian pemikiran yang disampaikan oleh Erwin Hidayatulloh, Caleg Partai Gerindra untuk DPRD DKI Jakarta Dapil III Jakarta Utara No. urut 9 (terakhir) saat berkunjung ke warga sekitar Kali Anak Ciliwung, di bilangan perbatasan antara kecamatan Pademangan dan Penjaringan, Jakarta Utara (24/2/2019).

Suasana sore dipemukiman warga RW 01 kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan di tepian Kali Anak Ciliwung yang mengalir dari timur ke barat itu cukup sejuk. Tampak terlihat Erwin Hidayatulloh dan sekelompok warga tengah duduk berdiskusi santai.

Kegiatan sore itu terkait dengan kunjungan keorganisasian Erwin yang juga Ketua/Korwil Roemah Djoeang Prabowo Sandi Jakarta Utara. Keakraban dan kehangatan mewarnai suasana diskusi tersebut. Karena memang Erwin adalah seorang tokoh pemuda Jakarta yang ramah, santun dan komunikatif serta terkenal dekat dengan para relawan Roemah Djoeang yang dibinanya diwilayah Utara Jakarta.

Baca juga :  Roemah Djoeang Jakarta Utara Siap Sukseskan Pileg dan Pilpres

Roemah Djoeang sendiri adalah organisasi relawan veteran Pilgub DKI Jakarta 2017 dan merupakan organisasi relawan terbesar pengusung duet Prabowo Sandi dalam kontestasi pilpres 2019.

Di awal februari lalu organ relawan yang dikomandoi oleh Pius Lustrilanang (seorang tokoh reformasi 1998) menggelar acara Jalan sehat yang menghadirkan hampir 70 ribu relawan dan sempat memutihkan kawasan Monas dan Lapangan banteng. Dan awal bulan April nanti akan kembali menggelar acara Jalan sehat serentak di 22 kota se Indonesia.

“Tak banyak orang tahu, bahwa di Jakarta Utara yang ramai dan padat ini, terdapat oase indah dalam wujud Kali Anak Ciliwung yang memiliki potensi dlsebagai destinasi wisata sungai unggulan kedepannya, letaknya persis di depan gerbang pelabuhan Sunda Kelapa yang sarat nilai historis,” ujar Erwin dalam kesempatan itu.

Kondisi fisik Kali Anak Ciliwung memang tak bagus-bagus amat, airnya berwarna kelabu pertanda tak steril dari pencemaran, sedikit sampah pun msh terlihat di pinggirannya. Namun jika di sandingkan dengan sepetak bantaran kali yang membatasi rumah-rumah penduduk, di tambah lingkungan sekitar yang asri, tinggal dikelola secara baik dan profesional, maka wajah sungai dan lingkungan sekitarnya akan menjadi kampung wisata sungai di masa depan.

Harapan itu disampaikan oleh Andi Amir, warga sekitar yang mengajak Erwin datang ke rumahnya sore itu. Dan Erwin mengiyakan, bahwa potensi itu bisa dikembangkan dan direalisasikan. Dengan Anggaran Daerah Provinsi DKI Jakarta, bukannya tidak mungkin kedepan wilayah ini bisa dikembangkan menjadi kampung wisata. Dengan melakukan penataan DAS dan pemukiman sekitar serta membangun kesadaran warga untuk menjaga kelestarian lingkungan sungai dan di bekali ilmu kepariwisataan.

“Saya dapat masukan sekaligus ilmu yang berharga dari wilayah ini, dan semoga jadi bekal permasalahan yang akan diperjuangkan jika terpilih menjadi wakil rakyat nanti. Sebab jika kali anak Ciliwung ini bisa di kembangkan menjadi destinasi wisata sungai tentunya akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Erwin lebih lanjut.

Baca juga :  Dalam Gang Kecil, Erwin Hidayatulloh Disambut Puluhan Emak-emak Pademangan Barat

Wajah kota Jakarta Utara akan semakin indah jika sungai kecil ini bisa disulap menjadi destinasi wisata, di jernih kan airnya, rumah sekitar bisa di cat warna warni, juga dibangun fasilitas penunjangnya dan warga sekitar bisa mengembangkan produk kerajinan tangan sebagai souvernir atau membuka pusat kuliner. Dengan demikian kesejahteraan bisa meningkat. Dan hatapan itu memang harus diperjuangkan lebih lanjut.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru