oleh

PWI Bersama PDAM Cabang Indramayu Mengadakan One Day Presstour

Indramayu, Kicaunews.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Indramayu, bersama PDAM Cabang Indramayu mengadakan One Day Presstour, Sabtu (16/02/2019) mengunjungi Bendungan Salam Darma-Intake Salam Darma demi kemitraan yang terjalin setiap tahun. Kemitraan PDAM yang diwakili Direktur Umum (DIRUT) Endang Effendi, SE. MM, serta Staf PDAM Ketua PWI Indramayu Agung Nugroho, ketua Panitia HPN Indramayu Duliman, Anggota PWI Indramayu dan Organisasi lainya.

Sesampainya di bendungan salam darma disambut oleh Perum Jasa Tirta II Budyana Soekardi beserta staffnya, menjelaskan Bendungan Salam Darma, merupakan bangunan tua yang dibangun pada masa pemerintah kolonial Belanda di tahun 1923. Sampai saat ini pemeliharaan yang terus menerus, hingga masih beroperasinya dan menjadi jantung utama kebutuhan air, baik untuk pertanian maupun kebutuhan air bersih masyarakat, diwilayah Subang Timur, Utara dan Indramayu Barat serta utara.

“Bendungan secara administratif terletak di Desa Salam Darma, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu perbatasan dengan Kabupaten Subang,”ungkapnya

Sedangkan Kearah timur air dialirkan kesejumlah Kecamatan di Indramayu seperti Kecamatan Anjatan, Kecamatan Sukra, Kecamatan Patros, Kecamatan Bongas dan Kecamatan Haurgelis hingga Kecamatan Gabuswetan serta Kecamatan Kandanghaur.

“Untuk kebutuhan masyarakat bendungan Salam Darma memanfaatkan sebagai air baku untuk pertanian serta air bersih yang selama ini dikelola oleh PDAM Indramayu. Untuk pengolahan fasilitas distribusi pengolahanya PDAM membuat instalasi didalam intake-intake tersebut, air baku di olah dan disalurkan secara teknis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pertanian, perusahaan atau lembaga di seluruh wilayah Indramayu barat,”terang Budyana

Lanjutnya kebutuhan air ini dipasok dari dua sumber utama penghasilan bahan air baku, yakni Sungai Cipunegara dan Saluran Induk (SI) Bendungan Jatiluhur, Purwakarta yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta (PJT) II Wilayah Timur Patrol. (MT jahol)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru