oleh

Disparbud Pangandaran Tegaskan Pengelola Wisata Nusa Danas di Duga Belum Kantongi Ijin Pariwisata

Pangandaran, Kicaunews.com – Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) meminta agar seluruh pengusaha pariwisata dan perhotelan yang belim punya dokumen perizinan segera melengkapi perizinan.

Perizinan khususnya izin usaha industri pariwisata itu perlu di lengkapi demi kepastian hukum terutama bagi tempat usaha pariwisata yang baru.

Dadang E kasi pariwisata mengakui hasil surpai dalam beberapa waktu terakhir, di Kabupaten Pangandaran masih ada industri pariwisata yang lama maupun yang baru bermunculan di antaranya destinasi wisata nusa damas yang belum melengkapi perizinan. Terangnya saat dikonfirmasi reporter Kicaunews.com, Jumat (8/02/2019).

Seperti destinasi wisata Nusa Danas, pemilik destinasi nusa danas ini memang pernah datang ke dinas pariwisata untuk meminta rekomendasi pembuatan izin, namun hingga hari ini dia belum datang lagi ke dinas pariwisata.

Pihak pengelola destinasi wisata harus memiliki TDUP,karena TDUP merupakan dokumen yang menyatakan pengelola sudah teraptar dalam usaha pariwisata, dan TDUP merupakan bukti pihak pengeloa peariwisata sudah berjalan sesuai prosedur.

Menurut Dadang kalau pengelola destinasi wisata Nusa Damas tidak segera melengkapi izin maka pemerintah bisa saja memberikan peneguran bahkan menutup tempat tersebut, peneguran dan penutupan bisa di lakukan oleh Dinas perizinan melalui satpol PP selalu penegak PERDA.

Dalam hal ini, kata dia, perizinan tersebut diajukan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayannan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) dan di lengkapi UKL UPL atau andal jika lokasi lebih dari dua hektare, selain itu mengelola haru memiliki Amdalalin dari Dishub Kabupaten Pangandaran.

Sementara dinas pariwisata dinas perizinan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangandaran bertugas untuk mengawasi kegiatan industri pariwisata, sedangkan penindakan dilaksanakan oleh Satpol PP.

Baca juga :  Kepala BNK Tangerang lantik Satgas anti Narkoba SMPN 1 Kelapa Dua

Ia mengharapkan industri pariwisata yang bandel segera mendapatkan teguran dari Satpol PP untuk segera mengurus perizinan usaha demi kepastian hukum.

“Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap industri-industri pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, dalam waktu dekat, kami bersama Dinas terkait jugaSatpol PP akan teru melakukan pemantauan terhadap industri-industri pariwisata yang baru bermunculan di Kabupaten Pangandaran,” tegasnya. (Agus S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru