oleh

Mendagri: Kerjasama dan MoU di Bidang Perpustakaan Modal Besar Meningkatkan Kualitas SDM

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan penandatanganan Kerjasama dan MoU sebagai upaya strategis dan komitmen Kemendagri meningkatkan pengembangan perpustakaan dalam mendukung peningkatan SDM.

Disampaikan Tjahjo Kumolo, bahwa kerjasama dan MoU tersebut diharapkan bisa mengerakkan dan mengorganisir seluruh daerah, baik provinsi, kabupaten/kota bahkan sampai pada tingkat desa segera terwujud adanya perpustakaan ini.

“Tadi, Bapak Kepala Perpustakaan Nasional menyampaikan cuplikan yang pernah disampaikan Bung Karno, sehingga kami juga ingat pada saat-saat Bung Karno sebagai Presiden RI Pertama menyampaikan di berbagai kesempatan bahwa setiap manusia harus punya impian, setiap manusia punya gagasan, dengan manusia punya impian dan gagasan manusia harus punya konsep, dengan mempunyai konsep itu dia akan mampu mewujudkan dan melaksanakan impian-impian dan harapan itu”, kenang Tjahjo yang disampaikannya pada saat menyampaikan sambutan di Kantor Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No. 15 Jakarta  Kamis (31/1/2019).

Tjahjo mengutarakan, gagasan-gagasan Bung Karno berikutnya yang terus dipegang teguh oleh Bung Karno setidaknya agar siapapun warga negara Indonesia termasuk siapapun yang diberikan amanah sebagai pemimpin mempunyai wawasan, pola pikir yang terdidik, komprehensif, dan integral, sesuai dengan bidang dan tugas yang ada.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya perlu ilmu pengetahuan dan memahami sejarah perjuangan bangsa maka tugas kita sekarang ini ke depan sebagai negara yang maju. Bagaimanapun negara kita negara yang besar, makanya kuncinya adalah bagaimana kita harus secara konsisten meneruskan tapak-tapak sejarah perjuangan bangsa ini,” ujar Tjahjo.

Tjahjo memandang melalui kerjasama dan MoU tersebut mempunyai sejumlah ruang lingkup, yaitu adalah pemanfaatan dan pengembangan sumber daya perpustakaan Kementerian Dalam Negeri, kemudian pemenfaatan dan pengembanganan sumber daya perpustakaan di IPDN khususnya, kemudian pemanfaatan dan pengembangan sumber daya perpustakaan daerah sampai di tingkat desa, kemudian ke depannya secara rutin adanya pertukaran data dan informasi kelembagaan perpustakaan di daerah dalam upaya meningkatkan koordinasi terkait pelaksanaan tugas lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

Tidak hanya itu, Tjahjo Kumolo tidak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan  terima kasih kepada pihak Perpustakaan Nasional RI atas bantuan dukungan sehingga terwujudnya kerjasama dan MoU. Dan, ia juga meminta kepada pejabat Eselon I dan Eselon II sampai dengab Eselon III di lingkungan Kemendagri, minimal di ruang kerjanya ada perpustakaan mininya.

Lebih jelas dikatakan Tjahjo, Ini bisa terus dikembangkan, sehingga dimana kita bertugas dimana kita berkerja, setidaknya ada ilmu pengetahuan yang harus terus kita nikmati dan tidak terpaku pada mengupdate media sosial yang saya kira ini ada yang benar ada juga kadang-kadang sulit untuk dibenarkan dan kemudian repot untuk dipahami sebagai kebenaran.

“Semoga dengan adanya kerjasama dan MoU tersebut dapat meningkatkan kerjasama dan motivasi ke depan dalam upaya bersama-sana untuk pengabdian bangsa dan negara untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa kita,” pungkas Tjahjo.(Red/Puspen Kemendagri)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru