oleh

Benarkah Ibadah Haji Bagian Dari Jihad, Khazanah Tour & Travel Pun Berikan Bekal Fiqih Wanita Bagi Jamaahnya

Depok, Kicaunews.com – Tour  Khazanah Tour & Travel selalu memberikan bekal ilmu yang bermanfaat salah satunya ilmu fiqih wanita bagi para jamaah haji dan umrahnya. Kepuasan dan kenyamanan jamaah menjadi prioritas perusahaan dalam membimbing para jamaahnya.

Demikian disampaikan Hj. Niar selaku Kepala Cabang Depok Khazanah Tour & Travel sekaligus pembimbing dan tour leader yang sudah berpengalaman selama 8 tahun kepada Kicaunews.com, Jumat (1/2/2019) di kantornya Jl.Proklamasi Taman Cipayung, Blok 30 no.310, Abadi Jaya, Sukmajaya, Depok.

Menurut Hj. Niar ibadah haji bukan ritual biasa, pahalanya besar luar biasa dan kewajiban haji ini Allah maklumatkan dalam firman-Nya,
وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا
“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (Surat Ali Imran: 97)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
سُئِلَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ جِهَادٌ فِى سَبِيلِ اللَّهِ . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ حَجٌّ مَبْرُورٌ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhal?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari).

Bahkan ibadah haji setara dengan jihad, lantaran Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang dipandang sebanding dengan jihad bagi seorang wanita muslimah, berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha.

Beliau mengatakan, “Wahai Rasulullah, apakah bagi wanita ada kewajiban jihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya, bagi mereka ada jihad yang di dalamnya tidak ada perang, yaitu haji dan umrah.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Baca juga :  Peringati HUT Polwan Ke-71, Polda Jabar Gelar Seminar Tentang Antisipasi Radilalisme dan Terorisme

Dalam riwayat lain, Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, kami melihat bahwa jihad adalah seutama-utama amal, tidak bolehkah kami berjihad?” Beliau bersabda, “Namun seutama-utma jihad bagi kalian adalah haji yang mabrur.” (HR. Bukhari).

Pertanyaan yang sering terlontar dari jamaah wanita juga tentang memakai pakaian yang Ia sukai saat berihram.

Pada saat ihram wanita dibolehkan memakai pakaian yang ia sukai dari model pakaian wanita yang tidak berhias dan tidak menyerupai pakaian laik-laki, juga tidak ketat (sempit) sehingga bentuk tubuhnya terlihat, serta tidak transparan sehingga tidak menutupi bagian dalamnya dengan sempurna, dan tidak pendek sehingga sebagian kakinya atau lengannya terbuka. Jadi pakaiannya itu harus menutupi, cukup tebal, dan cukup luas (longgar).

Dan baginya tidak ditentukan memakai pakaian dengan warna tertentu seperti warna hijau, akan tetapi ia dibolehkan memakai pakaian dengan warna yang sesuai dengan kewanitaan yang ia sukai, baik warna merah, hijau atau hitam. Dan dibolehkan juga baginya mengganti-ganti pakaian yang dia sukai.

Dan sesi tanya jawab oleh jemaah tentang kewanitaan dan keberangkatan jemaah umroh.

Ketika disinggung soal program perekaman biometrik yang diwajibkan bagi calon jamaah haji,  kata Hj. Niar, Khazanah Tour & Travel sudah menjalankannya.
“Alhamdulillah proses biometrik berjalan lancar dan pelaksanaan  sudah kami lakukan setiap keberangkatan jemaah umroh dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu Allah dari keberangkatan sampai kedatangan,” jelas Hj. Niar.

Begitu jamaah datang kami siapkan lounge/ruang tunggu  untuk makan sambil diberikan pengarahan dan sesampai di makkah/madinah dipandu tour leader dan muthowif yang berpengalaman siap melayani jemaah dengan baik dan kami juga memberikan umroh 3x bagi yang ingin berumroh lagi. “Setelah pulang kami akan memberikan sertifikat kepada para jamaah dan album kenangan saat perjalanan ibadah di tanah suci, ” pungkasnya. (Fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru