oleh

Ketua PSI Depok : KPU Perlu Pertimbangkan lagi Hak Pilih bagi Orgil

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Ramainya perbincangan soal wacana pemberlakuan hak pilih bagi orang gila mewarnai perdebatan di masyarakat. Hal ini yang menjadi perhatian serius mengingat orang gila dianggap tak layak untuk mencoblos di Pemilu nanti karena berpotensi menimbulkan kecurangan.

Menanggapi hal ini Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Depok, Ferry Batara Manurung menyebutkan salah satu asas pemilu yakni demokratis dan demokrasi adalah jaminan memilih bagi seluruh warga negara yang telah berhak memilih.

“Orang gila itu adalah bagian dari warga negara yang oleh UU tidak dicabut hak-hal politiknya, namun di satu sisi jika orang gila diberikan kesempatan untuk memilih maka akan mengabaikan asas pemilu lainnya,” terang Ferry, Rabu (23/1/2019).

Lebih lanjut kata Ferry yang dimaksud satu asas pemilu lainnya adalah bebas. “Orang gila itu tidak mungkin akan bebas dalam memilih. Orang gila tidak tahu bagaimana cara untuk memilih. Sehingga dipastikan soal siapa pilihannya akan sangat kuat dipengaruhi oleh siapa pihak yang menuntunnya dalam memilih,” ungkap Ketua DPD PSI Kota Depok ini.

Oleh karena itu, Ferry Batara mengharapkan lembaga penyelenggara Pemilu yakni KPU untuk mempertimbangkan kembali pemberlakuan hak pilih bagi orang gila.

“Sampai saat ini juga hal itu baru sebatas wacana saja karena pemerintah dan DPR RI juga belum memutuskan secara final pemberlakuan orang gila untuk ikut nyoblos di pemilu nanti, ” ujarnya. (fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru