oleh

Dinas Dukcapil lakukan Rekam E-KTP di LP Cipinang

JAKARTA,KICAUNEWS.COM-Jelang pemilu legislatif dan pemilu presiden yang akan di gelar pada tanggal 17 April 2019 ,terhitung 90 hari lagi ,Dinas Dukcapil

Napi Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta lakukan perekaman e-KTP, Kamis (17/1/2019)
– Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham menggelar rekam cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), khususnya bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang belum memiliki e-KTP.

Kegiatan dipusatkan di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta ini digelar untuk pastikan narapidana atau tahanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

Dalam sambutan nya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, narapidana masih memiliki hak politik sebagai warga negara Indonesia selama belum dicabut oleh putusan hakim.

“Hak memilih bagi warga negara perlu mendapat pelindungan maksimal dari pemerintah. Pelindungan dimaksud meliputi jaminan dan kepastian bahwa warga negara berhak turut serta dan berperan aktif dalam pesta demokrasi karena suara mereka juga sangat berpengaruh bagi arah masa depan bangsa Indonesia,” kata Yasonna, di Lapas Narkotika Kelas II A, Cipinang Besar Utara,Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (17/1/2019).

Perekaman e-KTP ini dilaksanakan serentak di seluruh lapas dan rutan di Indonesia pada hari ini.

“Ini adalah untuk pemutakhiran data kependudukan bagi narapidana dan tahanan untuk memastikan terpenuhinya hak pilih Warga Negara Indonesia di dalam lapas dan rutan guna menyukseskan Pemilu 2019 karena Pemilu adalah tanggung jawab semua lapisan,” kata Yasonna.

“Bukan hanya panitia penyelenggara dan pemerintah, tetapi seluruh warga negara wajib berpartisipasi, tidak terkecuali bagi narapidana dan tahanan di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Ia menambahkan, rekam cetak e-KTP akan dilaksanakan kembali pada Februari 2019 dan 30 hari sebelum hari pencoblosan, termasuk bagi anak di LPKA yang hingga bulan April sudah mencapai 17 tahun.

Baca juga :  Bamperda Usulkan RDP Terbuka Libatkan Pers

Hadir dalam acara ini Ketua KPU Arief Budiman,Ketua KPU DKI Jakarta Betty Idroos, Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana ,Ketua Bawaslu Jakarta Timur Syahrozi Sah,SH,MH dan anggota Bawaslu Jakarta Timur Marhadi Marzuki dan Tami Widi,serta hadir juga Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo .

Semoga Pemilu 2019 bisa berjalan Sukses ,aman dan lancar serta hasilkan wakil wakil rakyat yang berintegritas ,Aamiin

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru