oleh

Jurnalis Kota Bekasi Berhasil Kumpulkan Donasi 105 juta untuk Korban Tsunami Selat Sunda

KOTA BEKASI, KICAUNEWS.COM – Solidaritas antar jurnalis Kota Bekasi yang menggalang dana untuk membantu korban Tsunami Selat Sunda, Propinsi Banten berhasil mengumpulkan donasi mencapai Rp. 105.981.500,- (Seratus lima juta sembilan ratus delapan puluh satu ribu lima ratus rupiah).

Donasi yang berhasil dikumpulkan selama tenggat waktu enam hari diperoleh dari berbagai bantuan baik instansi pemerintah, swasta dan masyarakat Kota Bekasi. Puncak acara penggalangan dana tersebut digelar di Arena Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani,  Kota Bekasi, Minggu (6/1/2019).

Aksi sosial tersebut digagas oleh berbagai perkumpulan dan organisasi wartawan di Kota Bekasi yakni Forum Jurnalis Bekasi (Forjas), Rukun Jurnalis Bekasi (Rujuk), Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, dan Komunitas Media Online (Komodo).

Adapun pemberian donasi untuk korban Tsunami Selat Sunda antara lain dari Sekwan DPRD Kota Bekasi, Camat Bekasi Utara, Bappeda Kota Bekasi, MKKS SMPN Kota Bekasi.

Aksi penggalangan dimulai sejak Selasa (1/1/2019) dan ditutup lewat agenda puncak dengan memanfaatkan momen Car Free Day Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan mendapat simpati dari Walikota dan Wakil Walikota Bekasi.

Aksi ini diinisiasi setidaknya oleh empat perkumpulan Ketua Forjas, Boyke Hutapea, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian rekan-rekan jurnalis. Diketahui, korban terdampak tsunami terhitung banyak. Karenanya, aksi ini menjadi bentuk riil menyatakan suatu kepedulian.

“Setiap hari kita berjibaku dengan pemberitaan dan mereka yang menjadi korban tidak luput dari perhatian kita. Maka sudah seharusnya ada empati yang lebih berupa penggalangan dana ini,” ujar Boy.

Ketua Rujuk, Tonche, mengatakan seorang jurnalis yang matang adalah dia yang tidak meluputkan perhatian dari sisi sosial.

Menurutnya, sangat miris apabila seseorang yang masih dimampukan secara materi namun lalai menolong saudaranya sendiri.

Baca juga :  Ganjar & Warga Jateng Serahkan Bantuan Ke Pemprov Sulteng

“Hal ini sekaligus agar kita merefleksi diri, tidak menjadi yang angkuh, tetapi sadar bahwa manusia banyak kelemahan maka harus saling tolong menolong,” katanya.

Selain itu, dari Kepala Sekolah SMAN 14 Kota Bekasi, PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Kota Bekasi, Yayasan Ananda Kota Bekasi, K3S SD Kota Bekasi, Wali Kota dan sejumlah SKPD Pemerintah Kota Bekasi Bekasi, serta masyarakat Kota Bekasi.

Selain itu, acara puncak yang digelar di Car Free Day Kota Bekasi bisa terselenggara atas dukungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Satpol PP, dan Bagian Umum Pemerintah Kota Bekasi. Lalu Morezt Dj School dan R&G Music Entertainment yang mempersembahkan hiburan dalam acara puncak. (fie)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru