oleh

Pilpres dan Pileg 2019, Panwaslu Johar Baru Gencar Sosialisasi


JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, Panwaslu Kecamatan Johar Baru menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat di Kecamatan Johar Baru. Dengan cara jemput bola, Panwaslu Kecamatan Johar Baru turun langsung mendatangi Kelurahan-kelurahan untuk bertemu dengan tokoh masyarakat seperti Ketua RW dan RT, LMK, FKDM, Karang Taruna dan Ormas.

Kecamatan yang diketahui sebagai Kecamatan yang terpadat penduduknya se Asia tersebut, memiliki 4 Kelurahan yakni Johar Baru, Kampung Rawa, Galur dan Tanah Tinggi. Setiap kelurahan didatangi oleh Panwaslu Kecamatan Johar Baru untuk melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif. Hanya Kelurahan Galur dan Kampung Rawa yang dikumpulkan di satu tempat di RPTRA Komando Ceria Galur, sedangkan dua kelurahan lainnya diadakan di Aula Kantor Kelurahan. Setiap kegiatan turut dihadiri oleh Lurah masing-masing.

Ketua Panwaslu Kecamatan Johar Baru, Sahat Dohar Simanullang, mengatakan pihaknya gencar melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pengawasan pemilu di Johar Baru, baik dalam menyampaikan informasi kegiatan kampanye di wilayahnya ataupun menjaga kondusifitas wilayah selama masa kampaye Pemilu 2019.

“Dengan sosialiasi pengawasan partisipatif, kami berharap masyarakat dapat memahami aturan-aturan Pemilu, baik yang diperbolehkan maupun yang dilarang, kemudian berpartisipasi aktif untuk menyampaikan informasi kepada Panwas terkait kegiatan kampanye di wilayahnya dan yang terpenting tuut menjaga kondusifitas wilayah dalam masa kampaye”, ujar Sahat dalam pesan tertulis yang diterima redaksi (Rabu, 19/12/2018).

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif diadakan pertama kali di Aula Kelurahan Tanah Tinggi tanggal 30 November 2018, dilanjutkan di RPTRA Komando Ceria Galur tanggal 14 Desember 2018, dan diakhiri di Aula Kelurahan Johar Baru pada tanggal 17 Desember 2018. Dalam setiap kegiatan sosialisasi, Panwaslu Kecamatan Johar Baru turut melibatkan Tim Asistensi Bawaslu RI, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jakarta Pusat serta pengamat sebagai narasumber kegiatan.

Lebih lanjut Sahat mengatakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang sudah dilaksanakan mendapat apresiasi dan respon positif dari tokoh-tokoh masyarakat setempat. Animo masyarakat untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang LUBER dan JURDIL serta aman dan kondusif di wilayah Johar Baru sangat tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh beberapa perwakilan tokoh masyarakat yang memberikan tanggapannya ketika kegiatan sosialisasi berlangsung.

“Kami mendapat sambutan dan respon positif dari Lurah dan tokoh masyarakat setempat. Semoga partisipasi aktif dari masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu ini meningkat sehingga pelaksanaan pesta demokrasi di Johar Baru terlaksana dengan sukses sesuai harapan kita bersama”,  tutup Sahat.(JBP)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru