oleh

Soal Perda KTR, Ini Kata Kapuspen Kemendagri


JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) mendapat perhatian serius dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Hal itu di Tegaskan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, DR. Bahtiar seperti diberitakan suryamalang.com pada selasa 18/12/2108.

Birokrat bergelar Doktor itu mengatakan, itu merupakan produk Kemendagri dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah.

“Ya betul, Saya konfirmasi ke Pak Galingging Plt Dirjen Bangda bahwa betul itu produk Ditjen pembangunan daerah,” ujar Bahtiar.

Lebih rinci Bahtiar menambahkan, latar belakang dari kebijakan ini adalah menindaklanjuti UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 115 ayat 2 Juga berdasarkan PP Nomor 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa tembakau bagi kesehatan.

Kemudian, Kata Bahtiar, semua itu berlandaskan peraturan Kementerian Kesehatan (Kemkes) bersama Kemdagri nomor 188/Menkes/pb/7/2011 No. 7 tahun 2011 tentang pedoman daerah wajib menetapkan kawasan tanpa rokok (KTR) melalui Peraturan Daerah.

Masih kata Bahtiar, Tiga poin yang diperintahkan kepada Bupati/Walikota adalah 1) segera menetapkan Perda tentang KTR di wilayah masing-masing, 2) melaksanakan perda dengan efektif dengan mengoptimalkan peran Satpol PP dan melakukan pembinaan serta pengawasan pada KTR yang ada di UPTD, 3) untuk penerapan KTR di sekolah harus mengacu pada Permendikbud no 64 tahun 2015.

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2018/12/18/kemendagri-perintahkan-pemda-terapkan-perda-ktr

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru