oleh

Mewakili Kodam Jaya/Jayakarta, Batalyon Infanteri Mekanis 203/AK gelar Uji Petik Yongmoodo

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning (AK) mewakili Kodam Jaya/Jayakarta mengikuti uji petik bela diri militer Yongmoodo. Ujian ini dilakukan guna menilai apakah bela diri tersebut sering diasah kemampuannya lewat latihan rutin.

Dari puluhan jurus dasar yang sudah dikuasai prajurit TNI AD khususnya Kodam Jaya, diuji secara acak bukan secara berurutan sesuai latihan rutin yang kerap mereka lakukan. Tentunya, uji petik ini sangat menguji kemampuan perorangan apakah ia menguasai jurus-jurus dasar Yongmoodo, dari uji inilah akan tercemin bagaimana mereka berlatih mengasah kemampuan.

Kepala tim peninjau, Kolone! Inf. Aminudin mengatakan, Yongmodoo merupakan bela diri yang harus dikuasai prajurit TNI AD, dalam uji ini semua prajurit harus siap menunjukan kemampuannya meski namanya tak terpilih dalam uji petik.

“Bela diri itu dilatih bukan hanya karena ada event, tapi harus terus dilatih walau ada atau tidak ada event. Oleh karenanya, uji petik ini kita lakukan untuk melihat apakah mereka terus melatih bela diri Yongmoodo,” tandasnya, Minggu (16/12/2018) sore.

Saat uji petik berlangsung tampak prajurit melakukan dengan baik dan sempurna, dengan jurus-jurus yang diuji mereka kuasai.

Kolonel Inf. Aminudin menjelaskan, sedikit gugup itu hal biasa bila belum panas, namun pada dasarnya mereka tampak mampu melakukan gerakan-gerakan yang diujikan. Semoga selanjutnya mereka lancar dan bisa lebih menguasai situasi

Uji petik ini untuk tingkat Dan I sabuk hitam, dalam tingkat ini seseorang yang sudah sering berlatih diminta benar-benar menjiwai semua gerakan Yongmoodo. Gerakannya sudah tak lagi canggung.

”Selain untuk melihat seberapa menjiwai prajurit 203/AK memainkan jurus-jurus Yongmoodo, juga untuk menilai apakah pembinaan beladiri ini rutin dilakukan para pelatih di Arya Kemuning dan Kodam Jaya secara keseluruhan,” katanya.

Baca juga :  Pameran Islamic Book Fair Ramai, Pedagang Banyak Yang Untung

Selaku peninjau, Kolonel Inf. Aminudin berharap, kemampuan Satuan 203 dapat menjiwai bela diri ini. Dan tingkatannya sudah sabuk hitam, apakah mereka ditingkatkan.

”Pesan saya, agar semua prajurit TNI AD terus berlatih jangan mengenal waktu, latihan dan latihan,” ucapnya.

Sementara Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/AK Letkol Inf. Bangun Siregar menambahkan, di Arya Kemuning pembinaan bela diri ini rutin kami lakukan setiap hari olah raga apalagi minggu militer ,bahkan menjelang uji petik prajurit 203 berlatih tiga kali sehari.

Seperti mereka yang melakukan uji petik, Danyon juga grogi menghadapi ujian ini ‘ meski hanya menyaksikan anak buahnya melakukan uji petik, di lapangan sepakbola Sawindu kesatuanya,Jalan Gatot Subroto, Kawasan Jatake, Jatiuwung Kota Tangerang

“Selaku Danyon saya ucapkan terimakasih kepada ribuan warga Kota Tangerang, yang sudah berkenan hadir menyaksikan kegiatan ini. Terutama anak-anak pelajar SD, SMP dan Merching Band SMA, yang turut memeriahkan kegiatan uji petik ini. Tampilan anak-anak pelajaran demo RTG Yongmodo menunjukkan Yonif 203 mampu menyebar virus olahraga ini kepada generasi muda di sekitar kota Tangerang,” pungkasnya.

Tampak usai kegiatan, Habib Masyur memimpin doa bersama dengan prajurit dan mengucapkan syukur atas pelaksanaannya yg aman, berhasil serta berpesan untuk rajin meminta suatu keberhasilan .

( trs /gn )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru