oleh

KBIH Attaqwa Mewajibkan Calon Jamaah Hajinya untuk Ikuti Manasik Kesehatan

Kab. Bekasi, Kicaunews.com – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Attaqwa milik Putra Pahlawan Nasional KH. Noer Alie, Abuya KH. Nurul Anwar,Lc yang berada di Pondok Pesantren Attaqwa, Jalan Ujungharapan Bahagia,  Babelan, Kabupaten Bekasi menggelar manasik kesehatan bagi 205 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan insya Allah pada 5 Agustus 2019 mendatang.

Rangkaian manasik kesehatan kali ini dilaksanakan di Masjid Jami Attaqwa, Sabtu,(15/12/2018) yang mewajibkan para calon jamaah untuk disuntik vaksin meningitis yang penting untuk menjaga kesehatan calon jamaah haji.

Manasik kesehatan ini dipimpin oleh dr. H. Salim Jindan dan dr. H.Ridwan Meito dari Puskesmas Babelan I. Selain pemberian suntikan vaksin meningitis,  para calon jamaah juga diberikan materi tentang tip – tip menjaga kesehatan agar tetap sehat jelang keberangkatan,  saat ibadah haji dan sepulangnya dari tanah suci Mekkah.

Menurut dr.H.Ridwan Meito Tomanyira Kewaspadaan terhadap penyakit saat di Medinah dan Makkah yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan merokok jamaah haji,  menunda makan,  dan penyakit diabetes, jantung,  paru paru serta ginjal. Untuk itu bagi jamaah haji diwajibkan vaksin meningitis  untuk mencegah penyakit meningitis atau radang selaput otak.

Sedangkan vaksin yang tidak wajib namun dianjurkan adalah vaksin pneumonia untuk mencegah terjadinya flu burung,  SARS dan Corona Virus.

Suntikan vaksin meningitis dan pneumonia perlu dilakukan oleh calon jamaah haji sebelum berangkat haji ke tanah suci karena itu bagian dari syarat yang harus dijalani para calon jamaah haji. Begitu pesan dari
dr.H.Salim Jindan selaku Kepala Puskesmas Babelan I Bekasi

“Para calon jamaah nanti mendapatkan sertifikat lulus tes kesehatan (surat istithoah) yang harus diserahkan sebagai bukti lulus tes kesehatan.  Jika tak lulus calon jamaah tak bisa berangkat ibadah haji, ” ujar Ustadz Adjie Nung selaku Sekjend KBIH Attaqwa.

Baca juga :  Kapolres Tangsel dan Kapolsek Cisauk Kunjungi Seniman Tangsel

Ustadz Adjie Nung berwanti-wanti kepada calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan prilaku sehat sedini mungkin karena ibadah haji menitikberatkan ke tahanan fisik jamaah. “Di Mekkah aktivitas ibadahnya menggunakan fisik maka dari sekarang kesehatan harus benar-benar dijaga agar pas hari H nya, jamaah bisa berangkat,” terangnya.

Ibadah Haji menurut Ustadz Adjie Nung tidak hanya kemampuan finansialnya saja yang diperlukan bagi para jamaah tapi keutamaannya adalah kemampuan akan kesehatan yang optimal. “Meskipun kemampuan finansial kita sanggup membayar puluhan juta bahkan ratusan juta tapi kalau kesehatan kita buruk, uang ratusan juta yang kita milikipun tidak akan bisa berangkat menunaikan ibadah haji, “

Karena itu biasakan selalu pola hidup sehat, sering berolahraga seperti jalan kaki, bersepeda, joging minimal 30 menit tiap hari, minum air putih” pesan Ustadsz Adjie Nung. (fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru