oleh

Peningkatan Kapasitas Panwaslu Kelurahan Se Jakarta Timur

JAKARTA,KICAUNEWS.COM –Bawaslu Jakarta Timur mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas untuk Panwaslu Kelurahan Se-Jakarta Timur.

Di adakan di lt.2 ruang pola,Walikota Jakarta Timur ,Jumat /30 November 2018,Acara ini di fasilitasi oleh Walikota Jakarta Timur melalui Kesbangpol Jakarta Timur.

Dalam Sambutan nya Syahrozi,SH,MH selaku Ketua Bawaslu Jakarta Timur mengatakan bahwa acara ini sangatlah penting untuk panwaslu kelurahan ,karena semenjak di lantik bulan April lalu,baru hari ini Bawaslu Jakarta Timur bisa memberikan peningkatan kapasitas untuk panwaslu Kelurahan, ada 65 Panwaslu kelurahan di Jakarta Timur.

Lebih lanjut Hamid Mas’ud selaku Kepala Kesbangpol Jakarta Timur mengatakan bahwa panwaslu kelurahan ini merupakan orang pilihan karena di tiap kelurahan cuma 1 orang.

Usmayadi selaku Sekretaris Kota ( Sekko ) Jakarta Timur , yang mewakili Walikota Jakarta Timur membuka acara peningkatan kapasitas panwaslu kelurahan Se Jakarta Timur mengatakan bahwa panwaslu kelurahan ini jangan mudah terpengaruh oleh partai politik ,mereka harus bekerja jujur ,transparan ,dan sesuai aturan yang ada di Bawaslu .

Acara ini di Moderatori oleh Ulya selaku staf Bawaslu Jakarta Timur , dalam kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Komisioner Bawaslu Jakarta timur yakni Prayogo Bekti Utomo,Marhadi Marzuki,Ahmad S,Tami Dan Syahrozi.

Bawaslu adalah lembaga penyelenggara pemilu yang mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum di seluruh wilayah indonesia

Pengawas Pemilu terdiri dari bawaslu, bawaslu provinsi, bawaslu kabupaten kota, panwaslu kecamatan, panwaslu desa/kelurahan, panwaslu LN, dan Pengawas TPS,adapun sifat kelembagaan bawaslu adalah hierarkis.

Diantara tugas pengawas pemilu ialah mengawasi perencanaan dan penetapan jadwal tahapan pemilu, mengawasi tahapan pemilu, mengawasi pelaksanaan putusan pengadilan terkait pemilu, memantau atas pelaksanaan tindak lanjut penanganan pelanggaran pidana pemilu oleh instansi yang berwenang.

Agar terjadi sinergisitas harus berkomunikasi yang intensif dalam kerangka mencapai tujuan/fungsi lembaga pengawas pemilu, bekerja sama untuk mencapai tujuan lembaga pengawas pemilu, menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca juga :  Beri Efek Jera, Petugas Operasi Yustisi di Warudoyong Sukabumi Tindak Puluhan Pelanggar Prokes

Ruang lingkup pembinaan bisa dalam orientasi peningkatan kapasitas dalam bentuk bimtek, rakor, dan raker. dalam melaksanakan putusan DKPP atau tindak lanjut laporan masyarakat kepada bawaslu dalam bentuk supervisi/inspektorasi.

Ada SIM-P yang harus dimiliki oleh pengawas pemilu. Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas.

Semoga Pemilu 2019 bisa berjalan aman,sukses dan lancar.

Bersama rakyat awasi pemilu ,bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan pemilu .
( A W )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru