oleh

Barang Kena Pajak Ilegal senilai 2 miliar Dimusnahkan oleh KPPBC Bekasi, Bukan karena Kehebatan Tapi Keseriusan

Kab.Bekasi, Kicaunews.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Bekasi memusnahkan  3 juta lebih  batang rokok ilegal, 107.865 gram tembakau iris dan 5.820 botol minuman keras berbagai merek hasil penindakan barang bea cukai ilegal 2018.

Total nilai kerugian negara dari peredaran barang-barang ilegal ini sebesar Rp. 1.246.591.990-, sedangkan total perkiraan nilai barang mencapai 2.227.419.745,-.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bekasi, Hatta Wardhana dalam konferensi pers, Rabu (28/11/2018) di Kantornya di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, mengatakan pihak serius melakukan pengawasan melalui program Penertiban Cukai Beresiko Tinggi (PCBT) yang dicanangkan tahun 2017 lalu.

Hatta mengklaim jika tingkat peredaran rokok ilegal secara nasional tahun 2018 turun menjadi 7,04 % dibandingkan di tahun 2016 sebesar 12,14 % berdasarkan Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajah Mada (FEB UGM).

“Melalui program PCBT secara intensif dan masif melakukan penindakan Barang Kena Cukai (BKC) hasil tembakau (HT), maupun minuman mengandung etil alkohol (MMEA)/minuman keras ilegal, dan kampanye anti rokok ilegal, operasi pasar secara berkala maupun bersama dengan kementerian/lembaga lain,” terangnya.

Keberhasilan penindakan ini merupakan sinergi antara Bea Cukai beserta seluruh aparat penegak hukum diantaranya Kepolisian, Kejaksaan Negeri dan aparatur pemerintahan Kota dan Kabupaten Bekasi.

Penindakan yang secara terus menrus dilakukan oleh Bea Cukai Bekasi diharapkan dapat memberikan efek jera kepada para oknum yang memproduksi atau menyebarkan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal dan dapat menjadi motor penggerak kewaspadaan semua pihak agar dapat memberantas peredaran BCK.

“Penindakan ini bukan semata mata karena kehebatan aparat pemerintah , namun keseriusan dalam memberantas peredaran BKC ilegal di Indonesia khususnya di Bekasi. Kaminpun berharap peran aktif masyarakat untuk memberikan informasi terkait BKC ilegal kepada petugas kami atau aparat keamanan lain,” pungkasnya. (fie)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru