oleh

Mengambil Makna Kegiatan Adat “NGIKIS”

Ciamis, Kicaunews.com – Kegiatan adat “Ngikis” di karomah Syeh Abdulah dusun Sukajaya desa Tanjungjaya kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis, Senin (26/11/2018). Ngikis yang juga berarti memegari diri dari pengaruh jahat atau pengaruh jelek .

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Tokoh masyarakat tokoh adat ,Pemdes Tanjungjaya di bawah kepemimpinan Agun Gunawan ikut menghadiri acara adat Ngikis,di samping itu pula hadir Serda Sobri Triyanto dari anggota koramil 1312 Cisaga serta kalangan masyarakat yang ada di dusun setempat.

Dalam rangkaian acara ngikis tersebut beberapa kegiatan digelar yang di pimpin langsung oleh Karso selaku juru kunci karomah Kiyai Syeh Abdulah.

Menurut Karso Juru Kunci Karomah dengan adanya kegiatan adat Ngikis salah satunya untuk mengingat tapak tilas para leluhur tokoh Agama , agar kita semua bisa lebih mendekatkan diri kita mempertebal keimanan intinya dalam kehidupan kita bermasyarakat bisa saling menjaga keharmonisasian dengan di dasari keakwaan kepada sang pencipta alam dan seisinya.

“Untuk melengakapi kegiatan terbut sebagai pelengap Kegiatan sebelum puncak acara Ngikis membawa Air dengan menggunakan menurut bahasa Sunda yang di sebut lodong terbuat dari bambu dengan panjang kurang lebih satu meter air tersebut di isi dari mata air Situs Kujang Bolong yang terletak di area PTPN VIII wilayah Cisaga tak jauh dari lokasi Karomah Kiyai Syeh Abdulah,”papar Karso.

Lebih lanjut Ia menambahkan konon Ceritanya air tersebut bisa mengobati penyakit sumber air ini disebut Air Kahuripan kata Karso saat di wawancara media Online Kicaunews.com.

Masih kata Karso selaku juru kunci Karomah ia menambahkan mengenai untuk pembenahan Situs Kujang Bolong juga Lokasi Karomah Kiyai Syeh Abdulah membutuhkan penataan sarana maupun prasarananya untuk itu saya berharap adanya perhatian dari pemerintah. Terangnya.

Baca juga :  Menjadi Pemilih Cerdas, Akan Hasilkan Pemimpin Berkualitas !

Selain itu Serda Sobri Triyanto Babinsa dari Koramil 1312 Cisaga mengatakan saya selaku Babinsa ikut menjaga ,mengamankan serta ikut melestarikan Situs budaya umumnya yang ada di wilayah Tatar Galuh. Ucapnya.

Masih di tempat yang sama usai di gelarnya kegiatan “Ngikis” menurut Agun Gunawan Pjs Kepala desa Tanjungjaya melalui kegiatan ini kita ambil makna dan hikmahnya agar kita semua dalam kehidupan sehari hari bisa lebih terarah ke jalan yang lebih positif. terangnya (yat)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru