oleh

Pentingnya Manasik Bagi Jamaah Haji, KBIH At Taqwa Mulai Gelar Manasik Perdana

BEKASI, KICAUNEWS.COM – Sebelum melaksanakan ibadah haji, biasanya calon jamaah haji akan melakukan manasik haji. Manasik haji adalah sebuah petunjuk ataupun bimbingan dalam mengerjakan ibadah haji serta sebagai tuntunan hal-hal yang terkait dengan rukun, wajib, dan sunnah haji.

Manasik haji ini bukan sekadar kegiatan yang seola-olah memposisikan diri ketika sudah sampai di tanah suci Mekah. Namun lebih dari itu. Manasik haji memiliki tujuan untuk melatih diri agar terbiasa melakukan ibadah di Tanah Suci secara benar.

Oleh karena itu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) At Taqwa selalu menggelar program manasik haji tiap tahun, karena pentingnya bagi keselamatan dan sempurnanya ibadah haji para jamaahnya.

Demikian dikatakan Ustadz H. Nur Anwar  Amin, Lc, MA usai memberikan bimbingan manasik kepada ratusan jamaahnya di Masjid Jami At Taqwa di Komplek Pesantren AtTaqwa, Jl.KH.Noer Alie, Ujung Harapan Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi, Minggu (25/11/2018).

“Program manasik haji ini memiliki satu tujuan yaitu memudahkan calon jamaah haji dalam mempelajari rukun – rukun ibadah haji dan membantu jamaah khususnya yang baru pertama kali beribadah haji,” terang Ustadz yang dikenal dengan sapaan Ustadz Nung.

Keutamaan mengikuti manasik selain kita mendapatkan ilmu tentang rukun, hukum ibadah haji, juga yang tak kalah pentingnya adalah jamaah mendapatkan petunjuk dan tips agar tetap sehat dan bugar sampai selesai menunaikan ibadah haji.

“Syarat terpenting dalam ibadah haji selain niat dan kemampuan finansial juga kesehatan dan stamina jamaah yang tetap fit. Karena sebanyak banyaknya uang kita,  kalau kita tak sehat, kita tak bisa berangkat haji,” ungkapnya.

Untuk menjaga stamina dan kesehatan bagi para jamaah KBIH At Taqwa, Ustadz Nung memberikan tips diantaranya menjaga pola makan sehat, olah raga dan perbanyak minum air putih dan susu onta.

Baca juga :  Bripka Koko Sudrajat Himbau Tokoh Masyarakat Terkait Covid-19

“Karena ibadah haji lebih banyak membutuhkan kekuatan fisik dalam menjalani rukun haji, nah untuk itu sehat jadi syarat utama jamaah haji,” jelas Ustadz Nung.

Maka untuk itu, Tim pembimbing  mengingatkan jamaah untuk perlu persiapan dalam menjaga kesehatan sampai pada saat keberangkatan haji yang rencananya 1 Agustus 2019 nanti. Sebanyak 175 jamaah akan diberangkatkan menggunakan pesawat Saudi Airline seperti pada tahun – tahun sebelumnya.

Didalam memilih biro haji maupun umroh yang akan memberangkatkan kita ke tanah suci pun menjadi pertimbangan jamaah,  jangan sampai jamaah memilih biro yang tidak terdapat fasilitas manasiknya baik untuk umroh maupun haji.

Hal ini lah yang menyebabkan banyak jamaah dari kota/kab Bekasi dan Kerawang yang lebih menjatuhkan pilihannya ke KBIH At Taqwa. Selain karena didirikan oleh anak Pahlawan Nasional KH.Noer Alie, Abuya KH. Nurul Anwar, Lc pada tahun 2006,  juga karena menyediakan pembimbing atau petugas yang mendampingi dari tanah air yang mumpuni.

“KBIH At Taqwa tak lepas dari jejak ulama besar dan pahlawan nasional KH. Noer Alie, selain itu lebih profesional dan mementingkan kualitas dari ibadah jamaah,” ungkap Kades Samudera Jaya,  Ibnu Hajar  yang tahun depan rencananya akan berangkat ke tanah suci.

Sama halnya dengan apa yang dikatakan H. Zein seorang PNS aselon 3 di Pemerintahan Kabupaten Bekasi yang akhirnya menjatuhkan pilihannya ke KBIH At Taqwa. “Rasa kekeluargaan dan silaturahmi yang erat antar sesama alumni jamaah At Taqwa membuat kami lebih percaya dan jatuh hati untuk menjadi mitra kami dalam menunaikan ibadah haji dan umroh,” bebernya.

Sementara Ketua Forum KBIH se Kabupaten Bekasi, H. Ahmad Suparman dan istri Hj Siti Masukhoh mengharapkan apa yang saat ini menjadi amanah dan kepercayaan masyarakat terhadap KBIH At Taqwa untuk tetap dipertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi.

Baca juga :  Kapolsek Sinjai Utara Polres Sinjai Pantau Penyaluran BST Tahap III

“Kualitas bimbingan ibadah haji dan umrohnya setiap tahunnya untuk ditingkatkan dengan inovasi-inovasi lainnya yang memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi jamaah,” kata mereka kompak. (fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru