oleh

Misi Dakwah Lintas Negara Menjadi Jalur KBHI At Taqwa Wujudkan Islam Rahmatan Lil alamin

BEKASI, Kicaunews.com – Berdakwah mensyiarkan agama Islam lintas negara memang menjadi tantangan tersendiri bahkan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Cara berdakwah semacam inilah yang tengah giat – giatnya dijalankan Ustadz Adjie Nung nama yang akrab disapa oleh para jamaahnya.

Melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIH) At Taqwa,  H. Nur Anwar Amin Lc, MA atau Ustadz Adjie Nung berbagi pengalamannya berdakwah menyiarkan ajaran Islam sebagaibrahmatan Lil alamin di negara Hongkong.  Melalui media Tenaga Kerja Wanita (TKW)  Indonesia yang berada di sana, Ustadz Adjie Nung memperkenalkan misi dakwahnya.

Hongkong yang menganut paham kapitalis ternyata sangat akomodif dan welcome terhadap ajaran Islam disana. Perkembangan Islam di Hongkong mendapatkan kebebasan dari Pemerintah Hongkong, umat muslim asal Indonesia bebas menjalankan ibadahnya.

“Contohnya taman victory yang dulu terkenal banyak maksiatnya, kini setiap sabtu dan ahad ramai dikunjungi muslimah dan berbagai kegiatan keagamaan islam digelar disana, ” jelas Ustadz Adjie Nung.

Karena rapinya tata kelola dan prilaku disiplin warga Hongkong itulah yang mendorong Ustadz Adjie Nung bersemangat berdakwah di Hongkong. “Alhamdulillah sambutannya sangat luar biasa,  jumlah muslim Indonesia yang jumlahnya hampir 99 persen TKW bisa menjadi media dakwah memperkenalkan syiar Islam di Hongkong,” ungkapnya.

Justru di Hongkongblah ajaran Islam sesungguhnya bisa dirasakan. Terbukti dengan disiplin masyarakatnya, tertibnya, kebersihannya, dan bahkan rasa saling menghormati serta menghargai satu sama lain

“Gambaran inilah yang kami dapatkan di Hongkong. Tepat waktu dan kebersihan adalah ciri kehidupan yang melekat dalam masyarakat Hongkong. Hanya satu saja yang belum, yakni bersyahadat. Kalau saja mereka sudah mengucap syahadat, maka inilah wajah masyarakat muslim yang sesungguhnya,” ujar Ustad H Nur Anwar Amin yang merupakan Sekjen KBIH Attaqwa Kota Bekasi, Jumat (16/11).

Baca juga :  Brimob Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan Guna Menjaga Kamtibmas Tetap Kondusif

Kepada wartawan, Nur Anwar atau yang akrab disapa Ustad Adjie Nung ini mengaku, agama Islam kian berkembang di Hongkong lewat para tenaga kerja wanita (TKW). “Tidak seperti dulu, sekarang para TKW sudah mengenakan hijab dan pakaian sar’i. Nah, agama Islam berkembang di sana lewat jalur pernikahan dengan pria Hongkong. Sekarang sudah banyak majelis taklim di Hongkong,” lanjut Nung.

Pemaparan ini disampaikan Nung sebagai catatan perjalanan dengan misi dakwah ke Hongkong. Attaqwa sendiri merupakan lembaga pendidikan yang didirikan KH Noer Alie di Ujung Harapan, Bekasi dengan tujuan yakni terus mengembangkan misi dakwah.

“Dakwah dikembangkan antara lain di bidang pembimbingan haji, wakaf, sosial. Pekan silam, misi dakwah mancanegara dilakukan ke negara Hongkong dan Cina (Guangzhou). Memang, untuk kegiatan dakwah, Attaqwa antara lain membina KBIH yang hingga kini terus mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Setiap tahun ada sekitar 500 jamaah haji dan jamaah umroh di bawah KBIH Attaqwa,” jelasnya.

Selama misi dakwah di Hongkong, jamaah Attaqwa berkolaborasi dengan majelis taklim yang ada di Hongkong dan di Guangzhou.

Rencana berikut, misi dakwah akan menjelajah ke negeri Sakura, Jepang. Nantinya, catatan dakwah dari mancanegara ini akan di filmkan. “Selain agar terjalin silaturrahmi persaudaraan muslim di dunia, derap langkah dakwah bisa menyatu di lintas negara,” pungkasnya. (fie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru