oleh

Peningkatan Layanan Hukum dalam Mendukung Pelaksanaan Tugas Pemeriksaan BPK, Ini Harapan Bahrullah Akbar

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara Badan Pemeriksa Keuangan (Ditama Binbangkum BPK) menggelar Diskusi Unit Kerja Hukum BPK Semester II 2018 dengan tema “Peningkatan Layanan Unit Kerja Hukum BPK” di Jakarta, pada Rabu kemarin (14/11/2018).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPK, Prof. Bahrullah Akbar menyampaikan, bahwa penguatan peran BPK dalam usaha mewujudkan tata kelola keuangan, mensyaratkan optimalisasi seluruh aspek yang terkait dalam tugas pemeriksaan yang menjadi core business BPK. “Tidak terkecuali aspek hukum untuk menunjang pelaksanaan tugas pemeriksaan,” Ujar Bahrullah.

Lebih jauh Bahrullah yang juga guru besar IPDN menambahkan, Penguatan aspek hukum dalam pemeriksaan merupakan bagian penting dalam rangka menjaga dan menciptakan integritas, independensi dan profesionalisme.

“Hal tersebut salah satunya dapat dilaksanakan dengan meningkatkan kualitas pemeriksaan guna memastikan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara telah dilaksanakan sesuai standar mutu pemeriksaan di BPK,” Jelas Bahrullah.

Lebih rinci di tambahkan Bahrullah, mudah-mudahan para peserta dapat berkontribusi memberikan sumbangan pemikiran dalam menyikapi perkembangan-perkembangan di bidang hukum keuangan negara.

“Kontribusi dan dukungan unit kerja hukum diperlukan untuk dapat menjaga mutu hasil pemeriksaan BPK khususnya dalam aspek hukum,” Tandas Bahrullah

Sementara itu, Kepala Ditama Binbangkum, Nizam Burhanuddin dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum di BPK serta mengantisipasi resiko hukum dalam melaksanakan tugas pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK.

Hal tersebut dikarenakan meningkatnya kesadaran para stakeholder akan hukum. “Oleh karena itu, “ Kamu Kepala Ditama Binbangkum.red) berharap melalui kegiatan ini para peserta diskusi dapat meningkatkan peran unit kerja hukum dan bersinergi dengan unit kerja pemeriksa dalam mendukung tugas pemeriksaan di BPK,” Tutupnya.(Red/bpk.go.id)

Foto Bersama Usai Sambutan Wakil Ketua BPK RI Prof. Bahrullah Akbar
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru