oleh

Bersama Masyarakat, Pemdes Leuwi Gede Lestarikan Upacara Adat Sedekah Bumi

Indramayu, Kicaunews.com – Menyambut Tanam Padi Perdana, Pemdes leuwigede Kecamatan widasari, Kabupaten Indramayu Jawa Barat menggelar upacara adat Sedekah Bumi. Acara adat masyarakat petani tersebut digelar di halaman Buyut Baidem Kesambi Pada Rabu (14/11/2018). Dihadiri camat widasari dulyono, ketua PPL widasari serta tokoh masyarakat, Dalam acara Adat Sedekah Bumi digelar dengan doa Bersama yang dipandu oleh tokoh adat dan ulama setempat.

Masyarakat leuwigede mislam kepada kicaunews.com, Mengatakan Upacara adat desa Sedekah Bumi tersebut Merupakan kegiatan rutin yang digelar setahun sekali menjelang Tanam Padi Perdana Sedekah Bumi adalah salah satu adat/budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa dan Sunda yang dilaksanakan untuk menyambut Tanam Padi Perdana sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Serta mengukuhkan silahturahmi masyarakat leuwigede ”Ungkapnya

Sementara Evi fatmawati Kepala desa leuwigede Menuturkan Sedekah Bumi dilaksanakan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur bagi Masyarakat petani kepada Tuhan Yang Maha esa karena ketika tanam padi diharapkan panennya dengan hasil yang memuaskan.

Menurutnya tujuan sedekah bumi juga sebagai pelestarian kebudayaan yang sudah menjadi agenda rutin sekaligus melestarikan potensi daerah.

“Saya lihat warga sangat antusias terhadap kegiatan tersebut karena sedekah bumi secara mitiologis merupakan dari pada realisasi warga Desa leuwigede untuk mengaplikasikan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” paparnya

Selain bentuk rasa syukur kepada Allah, juga tidak menghilangkan tradisi agar tetap eksis dilaksanakan dan dijadikan sebagai agenda rutin setiap tahun. Apalagi warga kami mayoritas petani,” Pungkas Evi fatmawati Kades leuwigede, ( MT jahol)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru