oleh

Desa Raharja Realisasikan BKP Jawa Barat TA 2018 Untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan KIP/Rabat Beton

Banjar, Kicaunews.com – Direalisasikannya dana Bantuan Keuangan Propinsi (BKP) Jawa Barat tahun anggaran 2018 di desa Raharja telah memberikan banyak manfaat yang sangat besar bagi warga masyarakat. Seperti halnya realisasi BKP Jawa Barat TA 2018 sejumlah Rp. 100.000.000,- dengan komposisi rincian anggaran Rp.95.000.000,- untuk belanja modal, Rp.4. 000.000,- untuk upah kerja dan Rp. 1.000.000,- untuk belanja umum.

Maman abdul Rohman selaku Kasi Kesmas mengungkapkan pelaksanaan Program priotas kegiatan untuk penggunaan dana Bantuan Keuangan Propinsi Jawa Barat tahun anggaran 2018 telah sesuai dengan juklak dan juknis pelaksanaan. Realisasi penggunaan dari BKP ini untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan kip/rabat beton dengan lokasi tersebar di 2 dusun, untuk dusun randegan 1 ada 5 titik dan di dusun randegan 2 ada 5 titik dengan total volume 1188 M.

Dalam pelaksanaan pekerjaannya dilaksanakan secara swakelola oleh TPK desa Raharja dan bermitra dengan Bumdesa Mitra Raharja dalam pengadaan material/bahan dan dalam pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat sebagai bentuk swadaya,partisipasi dan gotongroyong.

Yoyo suparyo selaku manager Bumdesa Mitra Raharja bersyukur bahwa masyarakat telah mendapatkan manfaat dan hasil dari program Bantuan Keuangan Propinsi ini yang dulunya jalan/gang itu bertanah alhamdulillah sekarang dengan adanya program Bantuan Keuangan Propinsi ini jalan/gang di desa Raharja hampir keseluruhan sudah beton meskipun belum semua pengajuan masyarakat terakomodir. Jika infrastruktur pedesaan telah dibangun dengan baik dan merata hingga masyarakat merasakan manfaatnya maka pemulihan ekonomi masyarakat pedesaan akan berlangsung cepat dan berkelanjutan.

“Desa membangun, inilah cita-cita yang harus kita dorong terus untuk benar-benar terwujud secara nyata dan merata sehingga kedepannya desa bisa menjadi desa Mandiri,”tandasnya (MA)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru