oleh

Rayakan Hari Jadi, Goethe-Institute Jadi Sekolah Model Percontohan Dunia

KICAUNEWS.COM – PASCH atau sekolah mitra menuju masa depan, kembali merayakan hari jadinya pada bulan oktober 2018 ini. Sekolah di Indonesia yang dibentuk oleh pemerintah federal Jerman melalui kedutaannya ini sudah berusia 5 tahun.

Presiden Republik Federal Jerman, Frank-Walter Steinmeier diacara peryaaan menuturkan, pihaknya sangat gembira dengan model sekolah PASCH yang ada di Indonesia yang dinilainya telah berhasil beroperasi di Indonesia.

“Saya sangat gembira, ide ini berawal di Indonesia, model sekolah PASCH ini sangat berhasil. Dengan jumlah 28 sekolah PASCH di Indonesia, 77 guru bahasa Jerman, seperti yang saya dengar, saya kira ini merupakan sukses besar.” kata Frank Walter.

Seperti diketahui, sekolah model PASCH yang dibentuk Kedutaan Jerman di Indonesia, dan diluncurkan oleh Kementerian Luar Negeri Jerman di Indonesia ini diberi nama Goethe-Institute Indonesia. Sekolah ini diluncurkan pada tahun 2008.

Sampai saat ini, Goethe-Institute telah menjadi contoh teladan jejaring global sebanyak 2.000 sekolah bagi PASCH di dunia, yang itu memiliki ikatan khusus dengan negara federal Jerman.

Dalam pelaksanaannya, Goethe-Institute telah berhasil bekerjasama dengan Badan Pusat untuk sekolah-sekolah di luar negeri, beserta dengan Dinas Pertukaran Akademis Jerman, dan Dinas Pertukaran Pendidikan Jerman, dibawah naungan Sekretariat Konferensi Menteri-Menteri Pendidikan.

Hal senda juga dikatakan, Kedutaan Besar Republil Federal Jerman Bagian Budaya dan Pers, Jörg Kinnen. Menurutnya, PASCH saat ini telah terintegrasi dengan bidang budaya dan kependidikan di Kementerian Luar Negeri.

“Dalam hal ini, PASCH mendukung nilai-nilai budaya, warisan digital, toleransi antar sesama dan nilai-nilai diri” kata Jörg Kinnen.

Sekedar informasi, PASCH bertujuan membangun jejaring global sekolah-sekolah mitra yang mempromosikan pengajaran bahasa Jerman dan dengan demikian membangkitkan minat terhadap bahasa Jerman dan negeri Jerman modern.

Baca juga :  Seminar Nasional dan Apresiasi Buku:  “DVIPANTARA DHARMA SASTRA”  Kebajikan Kuna Nusantara untuk Masa Kini

Di seluruh dunia saat ini, ada lebih dari 2.000 sekolah yang tergabung dalam jejaring PASCH dan menjadi sekolah mitra resmi Republik Federal Jerman. Sampai saat ini, masing-masing PASCH telah membentuk komunitas pembelajaran yang meliputi seluruh dunia.

Jejaring PASCH saat ini hadir di semua penjuru dunia dan di Indonesia saja ada 29 sekolah mitra termasuk satu sekolah mitra yang baru bergabung tahun ini, yang menyelenggarakan pelajaran bahasa Jerman secara intensif.

Tambahan kursus kaum muda musim panas, pelatihan siswa, perkemahan Jerman dan berbagai acara budaya merupakan beberapa contoh kegiatan dalam program tahunan jejaring ini. (Haji Merah).

Foto Istimewa.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru