oleh

Tokoh Adat Dusun Sukajaya Gelar Kegiatan Tradisi “Nyuguh”

Ciamis, Kicaunews.com – Tradisi adat “Nyuguh” dengan kata lain hajat bumi biasa di lakukan saat menghadapi bulan Sura, tradisi ini di lakukan tujuannya untuk meminta perlindungan dan keselamatan dari sang pencipta alam bumi dan seisinya hal ini di katakan Karso selaku juru Kunci Karomah Syekh Abdulah yang ada di dusun sukajaya.

Tradisi adat ini masih di lakukan, di Dusun Sukajaya menurut Karso selaku juru kunci karomah Syeh Abdulah, Situs Batu kujang bolong yang ada di dusun Sukajaya desa Tanjungjaya kecamatan Cisaga, tradisi adat ini masih di pakai dalam hal ini Kita Semua warga mayarakat yang ada di dusun Sukajaya khususnya  untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan di dasari keimanan yang kokoh agar kita semua di lindungi dari marabahaya meminta keselamatan dari gangguan hal hal yang bisa membawa diri kita ke arah negate. Ucapnya Karso selaku juru kunci karomah syekh Abdulah serta situs batu kujang bolong yang ada di dusun sukajaya saat di temui media online Kicaunews.com Minggu (28/10/2018).

Dalam tradisi adat ” Nyuguh ” yang pelaksanaannya di perbatasan desa ini , merupakan suatu tradisi adat yang di laksanakan setiap satu tahun sekali, seperti halnya  acara kegiatan” Nyuguh ” tersebut di laksanakan hari  minggu di daerah perbatasan desa antara desa Tanjungjaya dengan desa Sukahurip kecamatan Cisaga ,dalam acara kegiatan tersebut di hadiri oleh tokoh agama tokoh masyakat, juga tokoh adat. Serta  element mayarakat yang ada di dusun Sukajaya.

Harapannya melalui tradisi “Nyuguh”  ini , agar masyarakat lebih mempererat tali silaturahmi antar masyarakat yang ada di dusun sukajaya khususnya  ,selain itu pula kita bisa mengambil makna agar kita selaku manusia biasa agar mengikuti jejak tokoh leluhur dalam hal ini tokoh umat beragama  agar kita semua bisa lebih meningkatkan keimanan serta ketakwaan, selalu mendekatkan diri kita kepada aloh , dengan melaksanakan perintahnya serta menjauhi larangannya. Papar (yat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru