oleh

Tiru Negara Maju, Tanoto Foundation Terapkan Program Membaca Senyap

KICAUNEWS.COM – Program membaca senyap, merupakan salah satu strategi membaca yang telah dilakukan dibeberapa negara maju. Salah satunya seperti dinegara Amerika, Australia dan Inggris. Hal itu dalam praktenya, telah terbukti bisa meningkatkan kegemaran membaca siswa.

Demikian hal itu dikatakan, Spesialis Pembelajaran Sekolah Dasar Tanoto Foundation, Khudori, Sabtu (27/10) dalam keterangan tertulis, seperti diterima redaksi.

“Program seperti ini sudah jamak dilakukan di negara maju,¬†beberapa sekolah di Indonesia juga sudah mulai melakukan. Ada juga strategi lain, yaitu membaca nyaring, yang lebih sering ditujukan untuk literasi kelas awal,” kata Khudori.

Berdasarkan hasil survei Most Literate Nation in The World, sebuah study yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada tahun 2016, Indonesia berada pada peringkat ke 60 dari 61 negara yang diteliti. Melihat hal tersebut, tingkat literasi masyarakat Indonesia, bisa dikatakan sangat rendah.

Melalui Program PINTAR, Tanoto Foundation memberikan strategi memberikan strategi membaca senyap kepada 30 Kepala Sekolah serta pengawas sekolah yang telah menjadi mitra programnya.

Selama dua hari Tanoto Foundation melakukan pelatihan kepada 30 kepala sekolah dan pengawas sekolah. Dalam pelatihan tersebut, baik kepala sekolah maupun pengawas sekolah langsung mempraktekan program membaca senyap, dan mereka juga dikenalkan dengan strategi belajar aktif.

Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Syaiful Bahri menilai, dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kepala sekolah menjadi kunci bagi kemajuan sekolah.

Menurut Syaiful, maju atau mundurnya suatu sekolah, sepenuhnya ditentukan oleh kepala sekolah. “Kalau mau maju, program program di sekolah harus berjalan efektif,” kata Syaiful Bahri pada acara pelatihan tersebut. (Haji Merah).

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru