oleh

Program PINTAR Tanoto Foundation Disambut Baik Pemerintah

KICAUNEWS.COM – Pengawas dari Kementerian Agama, Samsul Huda menyambut baik atas telah diterapkannya metode pendekatan belajar mengajar, mengalami, interaksi, komukasi dan refleksi disingkat MIKIR, yang diterapkan Tanoto Foundation melalui progran Pintar di 24 sekolah Balikpapan Kalimantan Timur.

“Dulu kami mengajar dengan model begini, apapun materinya, metodenya tetap sama yaitu ceramah. Pengalaman ini luar biasa bagi saya,” kata Nurul Huda, Sabtu (27/10) dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, pendekatan serta metode MIKIR dalam agenda belajar mengajar ini diterapkan oleh Tanoto Foundation melalui Tim Pendidik, diantaranya Sri Rejeki, Tuti Lestari Yayu Mahmudah.

Metode pendekatan belajar mengajar ini dilakukan di sekolah tingkat MTs dan SMP di Balikpapan. Dalam prakteknya, pada tenaga pendidik dilatih membuat skenario pembelejaran dengan pendekatan MIKIR, untuk dipraktekan di setiap sekolah di Balikpapan.

Senada, Spesialis Pembelajaran SMP/MTs Progran PINTAR Tanoto Foundation, Agus Prihantoro mengatakan, metode pembelajaran dengan gaya pendekatan ceramah yang sifatnya satu arah dinilainya kurang demokratis.

“Pembelajaran ceramah yang satu arah, itu pembelajaran yang kurang demokratis. Sementara metode MIKIR, lebih berorientasi untuk mengaktifkan siswa, dengan kegiatan mengalami, bertukar  gagasan dan kreatifitas adalah sesuai dengan zaman demokrasi modern saat ini,” kata Agus Prihantoro.

Kabid SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Syaiful Bahri menyambut baik pada Tanoto Foundation yang ingin menerapkan metode belajar MIKIR.

“Dari mulai tahun 1983, sampai guru mendapatkan sertifikasi saat ini, tidak saya dapatkan perubahan kinerja guru yang signifikan.” kata Syaiful Bahri.

Ia berharap, metode pendekatan MIKIR yang sudah digagas tersebut, bisa meningkatkan kualitas guru menjadi lebih meningkat. “Saya berharap dengan pelatihan ini, kinerja guru dalam pembelajaran meningkat dengan pesat,” kata Syaiful. (Haji Merah).

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru