oleh

Lingkungan Terganggu, PB HMI Minta Pemerintah Tindak Tegas PT Freeport

KICAUNEWS.COM – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam meminta agar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, sebagai agenda unggulan, dalam pembahasan disvestasi.

Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Bidang Lingkungan Hidup, Robi Syahrir mengatakan, pihaknya meminta agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, agar memberikan sanksi tegas permasalahan lingkungan yang ada.

Pernyataan itu disampaikan Robi dalam menanggapi persoalan divestasi saham PT Freeport Indonesia. Robi menilai, pemerintah harus tegas kepada PT Freeport Indonesia, terutama dalam hal kewajiban menyelesaikan kewajiban lingkungan.

“Sikap kami jelas, bahwa pemerintah harus tegas, kepada PT Freeport Indonesia agar menyelesaikan kewajiban lingkungannya,” kata Robi Syahrir.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terdapat kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat dari beroperaainya PT Freeport Indonesia. Akibatnya, sambung Robi, negara saat ini mengalami kerugian mencapai 185,01 triliun.

Belum lagi, kata Robi, penggunaan kawasan hutan lindung yang kurang lebih seluas 4.535,93 Ha, yang statusnya saat ini, tanpa Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan.

“Kami juga mendapatkan data bahwa, PT Freeport juga pernah lalai dalam melaksanakan kewajiban, membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter.” kata Robi kepada Redaksi.

Sebelumnya, Pemerintah telah menebitkan dua aturan, yakni PP Tahun 2014 dan PP Tahun 2017. Dalam aturan itu dijelaskan, telah ada penambahan jangka waktu, hingga 13 tahun.

Namun dalam prakteknya, pembangunan smelter PT Freeport, belum menunjukan perkembangan yang berarti. Fakta tersebut, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Komisi VII DPR (17/10) kemarin.

“Yang ingin kami sampaikan adalah, lingkungan punya haknya, untuk mempertahankan bentuknya, punya haknya untuk mempertahankan daya dukung dan daya tampung, punya haknya untuk tetap lestari, agar tetap dapat bermanfaat secara berkelanjutan,” kata Robi. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru