oleh

Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan MTQ,Tingkat Kecamatan Terisi Tahun 2018

Indramayu,Kicaunews.com – Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Terisi senin (15-10-2018) berlangsung semarak. MTQ digelar masih dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-491 Kabupaten Indramayu bertempat di Kantor balai desa cibereng Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, dihadiri muspika serta MUI terisi, kepala KUA terisi,kepala UPTD/UPTB kecamatan terisi,kordinator pendidikan terisi, kepala SLTP/SLTA se-kecamatan terisi, dan kepala desa se-kecamatan Terisi. Serta dari kabupaten Drs.H.Maman Kostaman.MM.

Kegiatan MTQ diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan dan peserta, kemudian dilanjutkan laporan panitia kegiatan yang diwakili oleh  Sekmat Hatta Direja, Sambutan selanjutnya adalah Drs.H.Maman Kostaman.MM dari kabupaten, dan Camat Terisi Drs.H.Achmad Mansyur.Msi sekaligus membuka MTQ Tk kecamatan.

Mengucapkan  Selamat datang kegiatan MTQ tentang perserta yang ikut dari masing-masing desa datang,dan siap untuk ikut lomba MTQ ke tingkat kabupaten pada bulan November tangal 5,6,7, 2018 siap menjadi juara umum Tk kabupaten. Tiga tahun kebelakang kecamatan Terisi selalu di papan atas,apa bila Allah meridhoi bisa menjadi juara pertama. Pungkasnya camat Terisi Drs.H.Achmad Mansur.Msi.

Cabang lomba yang dipertandingkan yaitu :

1- Lomba Tilawah Remaja Putra dan Putri

2- Lomba Murotal-14 orang

3- Lomba Mewarnai TK dan SD Putra/Putri-20 orang

4- Lomba Tahfidz 1 Juz-20 orang

5- Lomba Tahfidz  5 Juz-6 orang

Jumlah seluruh peserta 80 orang

Masing-masing cabang lomba diambil 3 juara, Para pemenang memperoleh hadiah pembinaan sebagai berikut :

Juara I : Rp 3.000.000,-

Juara II : Rp 1.500.000,-

Juara III : Rp 1.000,000,-

MTQ Kecamatan Terisi pada tahun ini mengkombinasikan cabang lomba yang memang resmi dipertandingkan dalam MTQ dan cabang lomba yang mengangkat nilai-nilai lokal. Maksud dari perpaduan cabang lomba ini tidak lain adalah untuk menegakkan Syiar Islam khususnya anak-anak agar senantiasa dekat dengan Islam, senantiasa terpaut hatinya dengan masjid.

Baca juga :  Pemasangan Maklumat Kapolri Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini di sekitar kita banyak tindak kriminal baik pelakunya adalah anak-anak, maupun korbannya adalah anak-anak itu sendiri. Salah satu upaya mendekatkan anak-anak dengan Islam adalah melalui MTQ, dimana dalam MTQ tidak sekedar berlomba saja, namun lebih jauh daripada memperoleh juara adalah silaturahim antar peserta sebagai wujud tegaknya Ukhuwah Islamiyah.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan kegiatan yang patut diapresiasi. Pelaksanaan MTQ membawa misi mendekatkan umat Islam dengan Al-Quran. MTQ diharapkan menjadi stimulan untuk melahirkan generasi qari dan hafidz terbaik yang mengharumkan nama bangsa dan memotivasi segenap Muslim lainnya untuk senantiasa meningkatkan kemampuan seni baca Al-Quran.

Manfaat dari MTQ yaitu menjadikan motivasi sebagai variasi dalam menyiarkan dakwa Qur’ani agar lebih semangat dalam menjalankanya. Maka dari itu dalam hal ini diselenggarakan oleh pemerintah karena dalam tujuan utamanya yaitu:

Motivasi menyiarkan agama agar tidak ada henti-hentinya untuk menyelenggarakan dakwah untuk masyarakat awam khususnya.

Memberikan motivasi untuk yang berdakwah juga agar tidak ada henti-hentinya untuk melantunkan maupun mengumandangkan pedomannya. (Budi)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru