oleh

Majlis Ta’lim Ziyadatul Khoir Cipinang Muara, Gelar Santunan dan Haul 

JAKARTA,KICAUNEWS.COM – Majelis Ta’lim Ziyadatul Khoir Yang berlokasi di Jalan Pembina I RT 14/02 menggelar acara Ta’lim Rutin Malam Sabtu sekaligus peringatan Haul yang ke 4 Ibu Mertua dari Anugrah Widhy, Ibu Djuariah binti Dimyati serta Santunan Yatim Piatu.

Acara di mulai pukul 20.00 ini di isi dengan Pembacaan Yasin,Tahlil,Maulid serta Tausiah tausiah.

Tausiah dari Ust M Firly,beliau mengatakan bahwa acara Haul seperti ini adalah bentuk bakti kita sebagai anak kepada orang tua dan ini patut di lestarikan ,karena Orang tua yang telah meninggal sangat butuh doa dari anaknya .

Sekilas Tentang HAUL

Kata Haul berasal dari bahasa arab yang berarti tahun, istilah Haul juga biasa berlaku dalam bab zakat (emas perak, hewan ternak, tanaman, perdagangan) sebagai syarat wajib mengeluarkan zakat seperti disebutkan oleh KH. M. Hanif Muslih Lc.

Dalam bukunya “peringatan Haul”, namun kata Haul dalam konteks pembahasan kita kali ini adalah sebuah ungkapan yang berarti ulang tahun kematian sesorang yang selalu diperingati pada setiap tahunnya.

Mengadakan peringatan Haul hukumnya sunnah karena mengikuti sunnah Nabi, dan pada dasarnya peringatan Haul adalah mendoakan mayyit pada setiap ulang tahun kematiannya.

Dalam prakteknya pelaksanaan Haul di Indonesia ini sangat beragam, sebagai penerjemahan dan pengembangan dari istilah “ mendo’akan mayyit ” ada yang mengisi peringatan Haul dengan mengadakan Istima’ul Qur’an 30 juz yang dibacakan oleh para huffadz ( orang yang hafal Al Qur’an ) dan disimak oleh para sami’in, ada yang menggelar majlis dzikir seprti tahlil dan atau dzikir-dzikir yang lain serta memberikan shodaqoh dalam acara – acara tersebut yang bertujuan menghadiyahkan (memberikan) pahalanya untuk si mayyit.

Masalah sampai atau tidaknya pahala ibadah kepada mayyit, terlepas dari perbedaan pendapat ulama’ tentang hal tersebut, Imam Nawawi dalam kitab Syarh Shohih Muslim hal.90 juz 1 menjelaskan bahwa sebagian Ashhab Imam Syafi’I menyatakan bahwa

“pahala membaca Al Qur’an bisa sampai kepada mayyit” bahkan menurut segolongan dari Ulama’ menyatakan bahwa “pahala semua ibadah baik sholat, puasa, membaca Al Qur’an dan ibadah-ibadah yang lain, pahalanya bisa sampai kepada mayyit”.

Majelis Ta’lim Ziyadatul Khoir ini telah terdaftar di Kementrian Agama Jakarta Timur dengan No 1644.6/133.04/MT-JT/IX/2017 dan bila ada yang ingin donasi ke majelis kami bisa transfer ke no rekening 71132118268 Bank Syariah Mandiri a/n Majelis Ta’lim Ziyadatul Khoir. hDengan kepengurusan Majelis Ta’lim
Ketua : M Firman Yakub
Sekretaris : Anugrah Widhy,S.Fil.I
Bendahara : Ust Jasnawira

Acara di akhiri dengan doa, pukul 22.30 dan makan kebuli bersama 1 nampan 3 orang . ( A W )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru