oleh

Memperkokoh 4 Pilar Kebangsaan Yang Hubbul Wathan Minal Iman, MUI Tangsel Gelar Halaqoh Ulama

TANGSEL, Kicaunews.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel menggelar Halaqoh Ulama di kawasan Serpong, Selasa (9/10). Acara tersebut mengusung tema “Memperkokoh 4 Pilar Kebangsaan Sebagai Wujud Pelaksanaan Hubbul Wathan Minal Iman”.

Ketua panitia, Iis Aisyah menjelaskan, tujuan diadakannya acara ini dalam rangka meningkatkan kesadaran setiap warga negara untuk menjadikan empat pilar kebangsaan sebagai pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar kebangsaan itu adalah Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945.

“Umat Islam memiliki kewajiban untuk mempertahankan empat pilar kebangsaan ini sebagai wujud pelaksanaan cinta tanah air,” jelas Iis.

Ketua MUI Kota Tangsel, KH Saidih mengatakan, bahwa halaqoh ulama Kota Tangsel ini sebagai kontribusi ulama untuk ikut mendinginkan situasi politik yang terjadi. Menurutnya, ulama harus mampu mengambil peran dalam memberikan pengaruh positif yang menebarkan Islam yang ramah, penuh toleransi, dan damai.

Selain KH. Saidih, hadir jajaran pengurus MUI, perwakilan dari MUI Kecamatan, Penyuluh Agama Isam, Majelis Ta’lim, NU, Muhammadiyah, LDII, Aisiyah, Muslimat, dan undangan lainnya.

Sekda Kota Tangsel, H Muhamad menambahkan, ada beberapa persoalan yang perlu diketahui oleh umat. Salah satunya paham radikalisme dan aliran keras. Dengan diadakannya kegiatan ini, berharap dapat menyamakan persepsi untuk menyikapi dan mengatasi persoalan tersebut.

“Salah satu mudahnya umat terkena pengaruh negatif disebabkan makin berkurangnya pembinaan yang dilakukan. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini penting diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran  umat mengenai hal-hal berbahaya yang terjadi di masyarakat,” jelasnya.

Pemkot mengapresiasi kepada MUI yang selalu berusaha menjaga kondusifitas kerukunan antar umat beragama, namun tegas melarang tumbuhnya aliran-aliran sesat yang meracuni masyarakat.

Baca juga :  Sambut PILGUB DKI 2017, Menwa Kampus IST Alkamal Audiensi ke KPU Jakarta Barat

Sementara itu, Narasumber Siti Masrifah menjelaskan bawa 4 Pilar Kebangsaan berperan dalam membentuk karakter bangsa. Menurutnya, sikap-sikap yang mencerminkan karakter bangsa, di antaranya saling menghormati dan menghargai, rasa kebersamaan dan tolong menolong, rasa kesatuan dan persatuan, rasa peduli dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dan sikap menjunjung tinggi beberapa nilai.

“Seperti Nilai kejuangan, Nilai semangat, Nilai kebersamaan atau gotong royong, Nilai kepedulian atau solider, Nilai sopan santun, Nilai persatuan dan kesatuan, Nilai kekeluargaan, serta Nilai tanggungjawab, dan sebagainya,” jelasnya. (Red)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru