oleh

Sampaikan Sembilan Tuntutan Rakyat, HMI Ciputat Sebut PB HMI Gaya-Gayaan

KICAUNEWS.COM – Ketua Umum HMI Cabang Ciputat, Tharlis Dian Syah Lubis membantah, atas beredarnya pernyataan Ketua Umum PB HMI, Respiratori Saddam Al Jihad, terkait rekomendasi sekolah pimpinan yang bernama Sembilan Tuntutan Rakyat (Senturi).

Menurut Tharlis, rekomendasi bernama Senturi, yang disampaikan Saddam Al Jihad di hadapan Presiden Jokowi dan peserta Sekolah Pimpinan 2018 itu, sampai saat ini belum ada tindak lanjut yang jelas dari PB HMI, terutama dalam hal realisasinya.

“Saya tau betul pembahasan soal Sepim itu apa, dan yang disampaikan oleh Saddam ke Presiden Jokowi itu, bukan hasil forum, silahkan tanya ke ketum-ketum cabang yang ikut Sepim. Itu hanya jual-jual Saddam aja ke Presiden. Ini mau Pilpres bro” kata Tharlis, saat berbincang di dengan Jurnalis di Sekretariat HMI Cabang Ciputat, Jl. Puri Intan II, Kelurahan Pisangan Tangerang Selatan.

Sebelumnya, Ketua Umum PB HMI, Respiratori Saddam Al Jihad mengklaim soal gagasan besar HMI yang bernama Sembilan Tuntutan Rakyat (Senturi), merupakan hasil kesepakatan forum peserta Sekolah Pimpinan 2018, yang bertempat di New Panjang Jiwo Resort, Cikeas, Bogor Jawa Barat.

Selain itu, Sarjana Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu juga menambahkan, acara Sekolah Pimpinan 2018, yang dihadiri oleh 78 Ketua Umum HMI Cabang Se-Indonesia itu, tidak memberikan narasi baru bagi ummat dan bangsa Indonesia.

Tharlis lebih jauh mengungkapkan, soal kedatangan Ketum-Ketum Cabang ke Istana Presiden di Bogor. Menurutnya, langkah PB HMI membawa peserta Sepim 2018 ke Istana bukanlah hal yang positif. Tetapi lebih ke arah negatif.

“Semua tahu kok, kalau Sepim ini mengundang Presiden untuk hadir, ini artinya dan seharusnya Presiden yang datang ke lokasi kegiatan Sepim, bukan kita yang datang ke Istana. Kalau begini ceritanya, ini jelas terkesan bahwa HMI secara keseluruhan sudah diamankan, ini juga sudah mengkerdilkan HMI sebagai organisasi besar bos.” tambah Tharlis.

Baca juga :  Hadiri Acara Pembekalan Caleg, HMI Ciputat: Panwaslu Tangsel Tak Paham Aturan

“Ini juga sudah jelas ketua, bahwa ketum-ketum cabang yang notabenenya peserta Sepim ini sudah dijual-jual oleh PB HMI ke Istana, aku kira semua juga tau lah, ini bukan rahasia umum lagi, ini mau Pilpres ketua. Ini ada agenda setting-an untuk masuk ini,” ungkap Tharlis.

Berikut ini Sembilan Tuntunan Rakyat yang di singkat Senturi yang dibacakan Saddam Al Jihad di hadapan Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Pertama, menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dengan melibatkan stakeholder dan menekankan agar Indonesia tidak berutang kepada IMF dan World Bank.

Kedua, membangun kembali penguatan reformasi sistem keamanan untuk menangkal radikalisme dan terorisme.

Ketiga, menelaah kembali kebijakan terkait berkembangnya tenaga kerja asing (TKA) agar dapat menyeimbangkan TKA dengan peran tenaga kerja lokal.

Keempat, HMI menekankan kepada pemerintah dalam penguatan kedaulatan energi terhadap perusahaan-perusahaan asing di Indonesia.

Kelima, menekankan terciptanya holding pangan di Indonesia agar kedaulatan pangan dapat terjaga dengan keberlanjutan pangan Indonesia.

Keenam, menekankan pemerintah dalam penegakan supremasi hukum dan HAM, baik di KPK, kejaksaan maupun polisi, demi menjaga marwah NKRI,” kata Jihad.

Ketujuh, HMI meminta pemerintah memperkuat pemerataan pendidikan demi menghasilkan peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan karakter nasional.

Kedelapan, Transparansi pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Indonesia.

Kesembilan, HMI mendorong terciptanya open goverment disetiap instansi publik dan politik. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru