oleh

Pemkot Tangsel Simulasikan Program Penanganan Bencana Kebakaran Di Sekolah

TANGSEL, KICAUNEWS.COM –Pemerintah kota tangerang selatan melalui dinas pendidikan dan kebudayaan menggelar pelatihan sekolah madrasah aman bencana (SMAB.Red) yang berlangsung di SDN 02. Ciater, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian yang masih terus berlanjut sejak digelar di SDN 02 Ciater. Dalam sosialisasi tahap ketiga yang berlangsung hari kamis (27/09/2018) tampak hadir Komandan Peleton Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang Selatan, Imam Muchid, Juga Sri Hartini (Kasie Bapeda.red) serta Agus mulyana kepala sekolah SDN 02 Ciater.

Menurut Imam Kebakaran merupakan merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa, jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah bahaya kebakaran akan banyak merugikan semua pihak.

” Kesadaran ini penting dan perlu diterapkan tentang pentingnya penanganan kebakaran dan cara penanggulangan sejak dini”, Tegas Imam

Lebih lanjut dikatakannya, ” Terkait bahaya kebakaran pada umumnya, Sebenarnya masih minimnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri”.

Tambahnya lagi,” Sehingga sering sekali terjadi bahaya kebakaran yang mengakibatkan banyak kerugian baik itu korban jiwa maupun harta benda”. Ucap Imam.

Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkan diperlukan tingkat pengetahuan dasar untuk mengatasi kebakaran sejak dini.

Komandan peleton (Danton) dinas Pemadam kebakaran Tangsel , Imam kembali jelaskan ,” Bahwa penanggulangan kebakaran sejak dini itu sangat penting, Maka dengan workshop ini kita bisa memberikan pengetahuan teori dan praktek kepada siswa siswi”. Ujarnya.

Ia pun menjelaskan supaya tahu bagaimana penanggulangan kebakaran awal atau sejak dini, Misalkan kebakaran yang diakibatkan oleh tabung gas atau saat sedang memasak air ternyata air habis akhirnya timbul kebakaran dari panci yang memuai. segeralah ambil kesetan basah, handuk basah untuk menutupi panci yang kebakaran ini cara tradisonal untuk pencegahan kebakaran.

Baca juga :  Operasi Nila Unit Reskrim Polsek Karawaci Ungkap Kasus Narkotika

Imam kembali mengingatkan supaya selalu memakai peralatan yang sudah SNI, misalkan colokan piting, kabel untuk menghindari pemuaian kabel yang menimbulkan bahaya kebakaran,” Tukas Imam akhiri wawancara.

Sementara Kepala Sekolah SDN 02 Ciater, Agus dalam kesempatannya mengatakan ,” Workshop ini akan terus berkesinambungan karena ini program dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, melalui pemerintah kota dalam hal ini dinas pendidikan dan kebudayaan tangsel,” Tutup Agus

Reporter : Anto

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru