oleh

Bawaslu Kota Jakarta Timur, buka Pengaduan Masyarakat.

JAKARTA,KICAUNEWS.COM-Penyelenggaraan pemilu 2019 telah melewati beberapa pelaksanaan tahapan diantaranya tahapan Pemutahuran Data Pemilih dan saat ini memasuki tahapan Kampanye.

Pasca rapat pleno penetapan DPT tingkat nasional pada tanggal 16 September 2018 atas rekomendasi Bawaslu RI kepada KPU RI untuk melakukan perbaikan data pemilih dan KPU meminta waktu 60 hari untuk memperbaikinya.

Terhadap perbaikan DPT, Kemudian Bawaslu memerintahkan kepada jajaran Bawaslu Provisni dan Bawaslu Kota diseluruh Indonesia termasuk Bawaslu Kota Jakarta Timur untuk melakukan pencermatan kembali terhadap DPT Hasil Perbaikan yg ditetapkan KPU Kota Jakarta Timur.

Selain itu dalam masa kampanye yang saat ini sedang berjalan sejak tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019, Bawaslu Kota Jakarta Timur telah siap melakukan tugas pengawasan dengan strategi Pencegahan dan Penindakan.

Pencegahan dilakukan dengan cara sosialisasikan peraturan perundang-undangan, koordinasi para pihak, kerjasama antar lembaga, serta partisipasi masyarakat untuk ikut aktif mengawasi dan melaporkan kepada Bawaslu dan jajarannya  jika terjadinya adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu dan penyelenggara pemilu termasuk pengawasan terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS), TNI dan Polri.

Bawaslu Kota Jakarta Timur mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan partisipati hal ini sesuai amanat undang-undang kepemiluan yang kepada Bawaslu untuk mengembangkan pengawasan partisipatif.

Kunci sukses sebuah pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia,  jujur dan adil tidak lepas dari peran aktif dan keikutsertaan masyarakat dalam  pengawasan partisipatif.

Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan kepada Bawaslu Kota Jakarta Timur jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran melalui Call/WA Center : 081 769 769 90 kata Syahroji,SH,MH selaku ketua Bawaslu Jaktim kepada redaksi kicaunews.com ( A W )

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru