oleh

Unjungan Makam Keramat Mbah Buyut Tambi, di Sertai Beragam Acara

Indramayu, Kicaunews.com – Makam keramat mbah buyut tambi yg sudah membuming di pulau jawa kususnya. Situs makam keramat mbah buyut tambi yg berada di desa tambi kidul kecamatan sliyeg kabupaten indramayu jawa barat ini mengadakan haul atau sering disebut juga dengan kata unjungan, kegiatan ini setiap tahunnya disdakan berbagai acara kebudayaan dan keolahragaan yang berlangsung kurang lebih berturut-turut selamah Empat hari. Dan acara tersebut berlangaung di halaman keraton makam keramat mbah buyut tambi.

Salah satu anak cucu keturunan mbah buyut tambi KADANI saat ditemui awak media disela sela kesibukan acara pengurasan air balong yg konon katanya jika air di dalam balong tersebut di kuras maka akan terjadinya turun hujan
walau cuaca musim kemarau.

“memang benar mas jika dari jaman keturunan nenek moyang mbah buyut tambi setiap tahunya diadakan mremul unjungan (haul) yg pada intinya melakukan pengurasan air balong yg di keramatkan guna dilakukan pembersihan isi balong seluruh keturunan anak cucu mbah buyut tambi bahu membahu melakukan (tawuh banyu) istilah bahasa jawanya selama dua hari dimulai hari jumat sekarang (21/09/2018) sampai hari sabtu mas,” ungkapnya

Selama ini situs makam keramat mbah buyut tambi dari jaman dulu banyak dikunjungi para pejiarah dari seluruh penjuru indonesia yg konon katanya ada kaitanya dengan sejarah wali songo tak jarang pula banyak pejiarah yg melakukan tapa brata di lokasi makam mbah buyut tambi slama beberapa hari supaya mendapatkan karomah/ petunjuk Kadani selaku kuncen makam keramat mbah buyut tambi membenarkanya.

Kadani adalah salah satu keturunan mbah buyut tambi yg dipilih warga menjabat sebagai juru kunci (kuncen) makam mbah buyut tambi yg masa jabatanya sudah mau habis dan akan diadakan lagi pemilihan juru kunci oleh masyarakat tambi kidul. Desa tambi kidul kecamatan sliyeg sendiri dikepalai oleh bpk kuwu SUJAI selaku orang nomer satu di desa tambi kidul tersebut. (c.tisna)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru