oleh

Panwaslu Kramat Jati dan Catatan Soal Pengawasan Pemilu Partisipatif

JAKARTA,KICAUNEWS.COM –Amanat undang-undang No.7 th 2017 pasal 134 huruf (f), berbunyi sangat jelas : “Bawaslu mengembangkan pengawasan partisipatif”, dari kalimat ini, sangat jelas bahwa para pembuat undang-undang sangat yakin bahwa Bawaslu tidak akan pernah mampu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu sendirian, mengingat berbagai keterbatasan yg melilit tubuh Bawaslu ,terutama di jajaran bawah, yang justru menjadi ujung tombak pengawasan, malah semakin sedikit personalnya.(panwascam 3 orang, dan panwaskel 1 orang)

Padahal permasalahan pengawasan dan yg paling beresiko justru berada dibawah.

Money politik, intimidasi, penggiringan opini, kampanye hitam , Adanya dijajaran bawah,
Diperlukan standar pemahaman yg sama atau selaras diantara sesama panwaskel dan panwascam agar masyarakat tidak bingung, sebab dalam satu persoalan ditafsirkan dengan cara yang berbeda oleh panwaskel atau panwascam.

Kami berharap amanat undang-undang ini dijalankan dengan dengan sungguh -sungguh oleh Bawaslu, bukan sekedar teriak-teriak tentang pengawasan partisipatif tanpa diimbangi dengan langkah upaya yang kongkrit.

Segerakan adakan bimbingan teknis terkait hal ini ,terutama untuk panwascam dan panwaskel,Dan jangan lagi ada alasan kendala anggaran dan lain sebagainya bila hal ini memang ingin serius dijalankan.

Perlu adanya bimtek khusus untuk panwascam dan panwaskel, dalam rangka mendukung amanat undang-undang terkait pengembangan pengawasan partisipatif,Sebab panwascam dan panwaskel, yang akan banyak berperan sebagai penyambung lidah Bawaslu yg berada diatasnya atau sebagai publik relation nya. Bawaslu memberikan. Pencerahan kepada masyarakat agar tergerak hatinya untuk turut berperan aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif ini.

Mana mungkin panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan mampu memberikan pencerahan dengan benar kepada masyarakat bila tidak dibekali pengetahuan yg cukup,Sekali lagi ini bila Bawaslu sungguh-sungguh dalam mengembangkan. Pengawasan partisipatif sesuai dengan amanat undang-undang,kata bang Endi kepada redaksi kicaunews.com
( A W )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru