oleh

Bawaslu Jatinegara Gelar Sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019

JAKARTA,KICAUNEWS.COM -Panwaslu kecamatan Jatinegara mengadakan acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif,bertempat di aula kecamatan Jatinegara ,Senin/17 September 2018.

Acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan laporan kegiatan sekaligus membuka acara oleh Bapak IGN Sumantri selaku Kepala sekretariat Panwaslu kecamatan Jatinegara.

Acara yang di moderatori oleh Anugrah Widhy selaku anggota panwaslu kecamatan Jatinegara memaparkan secara global apa itu pengawasan partisipatif. Dan selanjutnya di serahkan kepada pemateri Ahmad Yani selaku ketua panwaslu kecamatan Jatinegara.

Pengawasan partisipatif dari masyarakat, terutama pemuda merupakan hal yang penting. Karena mereka bisa bersuara kritis dalam mengawasi lembaga penyelenggaraan Pemilu, mereka juga harus bisa bersikap independen.

Pengawasan partisipatif juga akan mendorong masyarakat, untuk mendapatkan jaminan haknya sebagai pemilih yang bebas, dan mendapatkan informasi sesuai dengan pilihan hati nurani.

Narasumber berikutnya yakni Drs H Suhadi,M.Si selaku dosen UNJ,berikut paparan materi beliau :

“Pengawasan partisipatif ini, menurutnya juga untuk menghindari terjadinya proses pemilu dari berbagai bentuk kecurangan, manipulasi, permainan serta rekayasa, yang dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu dan merugikan rakyat banyak.

“Pengawasan Pemilu merupakan alat penting untuk menyelesaikan konflik secara damai, di antara masing-masing kelompok yang berkompetisi untuk mendapatkan kepercayaan rakyat,”

Dan materi yang terakhir yakni Syahrozi ,SH,MH selaku ketua Bawaslu Jakarta Timur beliau menyampaikan tentang partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu

Tak hanya itu saja, pengawasan partisipatif juga merupakan bagian dari partisipasi rakyat dalam pemilu.
Partisipasi masyarakat sangatlah di butuhkan dalam pencegahan dan penindakan pelanggaran pemilu.

Semoga pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 berjalan lancar dan sukses.

Bersama rakyat awasi pemilu,bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

Panwaslu kecamatan Jatinegara : Ketua Ahmad Yani ,Anggota : Anugrah Widhy dan Setiawan ( A W )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru