oleh

Panwaslu Kramat Jati dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 

JAKARTA,KICAUNEWS.COM- Sabtu,15 September 2018 Panwaslu Kecamatan Kramatjati mengadakan sosialisasi pengawasan untuk pemilu 2019 di aula kecamatan Kramatjati .

Dalam acara sosialisasi pengawasan pemilu 2019,Hendy selaku ketua Panwaslu kecamatan Kramatjati mengatakan
” Pemilu adalah sebuah instrumen atau alat demokrasi, untuk menghasilkan produk demokrasi yg diharapkan rakyat.
Sebagai alat tentunya ada operatornya,Nah operator dari pemilu adalah KPU, Bawaslu dan DKPP.
Selain dibutuhkan operator yg handal, juga dibutuhkan kan bahan baku yg berkualitas baik.
Apa itu bahan bakunya, yaitu para caleg DPRD , DPR , DPD dan calon Presiden dan wakilnya. Lalu siapa yg menyiapkan bahan bakunya? Yang menyediakan adalah parpol atau sekelompok orang Untuk DPD.
Dalam dalam memproduksi itu ada tata caranya yaitu undang-undang dan regulasinya, dijalankan oleh KPU dan diawasi oleh Bawaslu.

Itu sekedar perumpamaan saja.
Namun yg lebih harus dipahami adalah bahwa hakekatnya “Pemilu adalah sebagai Aktualisasi dari Kedaulatan Rakyat”, bukti bahwa rakyat berdaulat adalah dengan mengikuti pemilu,hanya rakyat yg betul-betul memahami arti kedaulatan yang tidak mungkin akan menggadaikan kedaulatannya.

Rakyat yang paham dan menghargai kedaulatannya tidak akan pernah takut terhadap segala macam intimidasi..
Kita kembali pada substansi permasalahan pemilu, bahwa demi keberlangsungan pilu yg jurdil dibutuhkan sebuah system yang bagus dan pengawasan yg terus menerus,namun kami menyadari bahwa keterbatasanlah yg menyebabkan kami selaku pengawas tak mampu mengawasi secara maksimal…
Bicara undang-undang, adalah bicara pemahaman, bicara pemahaman bicara implementasi,Bicara implementasi adalah bicara aktualisasi dari penegakkan undang-undang dan peraturan. Dalam kenyataannya ,mungkin masalah pemahaman kami bisa atasi.
Bicara implementasi Insya Allah bisa juga kami atasi, namun bicara Aktualisasi pengawasan yg ideal jelas kami tidak akan pernah mampu,sebab keterbatasan yang melilit kami dari sana sini. Terutama terkait jumlah personel yg ada.
Oleh karenanya kami butuh bantuan dari segenap elemen masyarakat agar terlibat secara partisipatif dalam pengawasan setiap tahapan penyelenggaraan pemilu.

Baca juga :  Operasi Yustisi Sosialisasi 3M Dan 1T Dilaksanakan Jajaran Polsek Lembang

Kami membutuhkan kedewasaan berpolitik dari masyarakat dalam menghadapi pemilu, Agar pemilu dapat berjalan aman , tertib, dan bermartabat.

Dalam acara sosialisasi pengawasan pemilu ini juga hadir ,camat Kramatjati ,Komisioner Bawaslu Jakarta Timur bapak Ahmad S yang juga jadi narasumber ,Anggota panwaslu kecamatan Kramatjati serta para peserta acara ini yang terdiri dari tokoh masyarakat,tokoh agama dan stackholder lain.

Semoga Pemilu 2019 ini berjalan lancar,sukses dan aman. ( A W )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru