oleh

Soal Pidato Kapuspen Saat Menghadiri Acara Jaman, Mendagri: Itu Bukan Kampanye Terselubung

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Terkait Adanya pernyataan Kapuspen Kemendagri Dr. Bahtiar yang mengajak masyarakat untuk mendukung Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di pemilu tahun depan pada saat acara relawan Jokowi Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) beberapa waktu lalu bukan kampanye.

Demikian ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/9) seperti dikuti CNN Indonesia.

Tjahjo mengklaim jika pidato yang disampaikan Kapuspen Kemendagri bukanlah Kampanye.

Tjahjo berdalih pesan yang disampaikan Bahtiar saat itu hanya menyampaikan keberhasilan Pemerintah era Joko Widodo (Jokowi).

“Pesan politik gimana? Saya sebagai Mendagri misalnya memerintahkan kepada camat, bahwa mereka bagian dari pemerintah pusat dan bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan kepada masyarakat keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK selama 4 tahun terakhir. Apa itu dianggap kampanye? Itu kan tidak,” kata Tjahjo.

Tjahjo mengakui perintah menyampaikan pencapaian pemerintahan Jokowi selama memimpin langsung dari dirinya. Tidak hanya kepada Bahtiar selaku kapuspen Kemendagri sebagai perwakilan Mendagri, tetapi juga disampaikan kepada pimpinan daerah.

“Arahan langsung dari saya sebagai Mendagri. Sampaikan lho kalau ada keberhasilan dari Pak Jokowi-JK, kamu sebagai camat sebagai kepala desa ya sampaikan ke masyarakat dan apa adanya,” kata Tjahjo.

Selain pencapaian Jokowi, kata Tjahjo kepala daerah juga boleh menyampaikan target pemerintah yang hingga saat ini belum tercapai. Misalnya terkait warga yang belum memiliki KTP elektronik atau e-KTP.

“Ya, sampaikan saja kalau memang ikut ditanyakan. Kalau masalahnya e-KTP belum beres, ya sampaikan saja. Memang belum tuntas,” kata politikus PDIP tersebut.(Red)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru