oleh

Kapabilitas Panwascam di Jakarta, Terus Ditingkatn Lewat Sosialisasi Bawaslu 

JAKARTA, KICAUNEWS. COM –Bawaslu DKI melakukan kegiatan peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM kepada Panwaslu Kecamatan dan Bawaslu kabupaten/ kota se Provinsi DKI Jakarta di Hotel Golden Boutique ,Sabtu-Minggu / 01-02 September 2018

Dalam hal ini pimpinan bawaslu DKI, Puadi menyampaikan materinya tentang Strategi mewujudkan pemilu 2019 yang berintegritas.

Tugas utama pengawas pemilu yakni : pencegahan,pengawasan dan penindakan.

Tahapan yang sedang berjalan saat ini :
– penetapan DPT ( Daftar Pemilih Tetap )
-Pra tahapan kampanye
-Tahapan pendaftaran calon anggota DPR,DPRD ,DPD

Bawaslu adalah lembaga penyelenggara pemilu yang mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum di seluruh wilayah Indonesia.

Pengawas Pemilu terdiri dari bawaslu, bawaslu provinsi, bawaslu kabupaten kota, panwaslu kecamatan, panwaslu desa/kelurahan, panwaslu LN, dan Pengawas TPS,adapun sifat kelembagaan bawaslu adalah hierarkis.

Diantara tugas pengawas pemilu ialah mengawasi perencanaan dan penetapan jadwal tahapan pemilu, mengawasi tahapan pemilu, mengawasi pelaksanaan putusan pengadilan terkait pemilu, memantau atas pelaksanaan tindak lanjut penanganan pelanggaran pidana pemilu oleh instansi yang berwenang

Agar terjadi sinergisitas harus berkomunikasi yang intensif dalam kerangka mencapai tujuan/fungsi lembaga pengawas pemilu, bekerja sama untuk mencapai tujuan lembaga pengawas pemilu, menjalankan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ruang lingkup pembinaan bisa dalam orientasi peningkatan kapasitas dalam bentuk bimtek, rakor, dan raker. dalam melaksanakan putusan DKPP atau tindak lanjut laporan masyarakat kepada bawaslu dalam bentuk supervisi/inspektorasi

Materi selanjutnya dari Siti Rakhman selaku Kordiv SDM Bawaslu DKI ,beliau menyampaikan tentang Penguatan kapasitas SDM ( kinerja pengawasan ) ,prinsip pengawasan : awasi ,cegah dan tindak.

Ada SIM-P yang harus dimiliki oleh pengawas pemilu. Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas

Dalam penguatan struktur kelembagaan ada capacity building dan revitalisasi tanggung jawab fungsional sekretariat yang outputnya adalah public trust.

Baca juga :  Kapolsek Ciampel Bantu Masak Di Dapur Umum Desa Kutapohaci

Acara yang di buka langsung oleh M.Jupri selaku Ketua Bawaslu DKI mengatakan acara ini sangatlah penting untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM untuk panwaslu kecamatan dan Bawaslu Kabupaten /kota se provinsi DKI Jakarta.

Bawaslu DKI Jakarta sudah berjumlah personilnya yang tadinya 3 orang menjadi 7 orang sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota menjadi Bawaslu kabupaten/kota dan jumlah personilnya 5 orang yang sebelum nya 3 orang.

Semoga pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 bisa berjalan aman,lancar dan sukses.
Bersama rakyat awasi pemilu,Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu
(A W )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru