oleh

Tak Sesuai Target, Begini Komentar Mantan Kepala BP Batam Pada Pemkot

BATAM,KICAUNEWS.COM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata pada tahun 2018 ini, kembali menargetkan Jumlah wisatawan di Batam bisa lebih meningkat. Meski sudah direncanakan, target wisatawan di Kota Batam masih belum mengalami peningkatan secara signifikan.

Menyikapi hal tersebut, Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kepulauan Riau (Kepri) Mustofa Widjaja mengatakan, disaat target pemerintah kota batam belum maksimal dan berjalan baik. Seharusnya, kata Mustofa, Pemerintah menyiapkan langkah-langkah baru.

“Pemerintah kota Batam seharus bisa menyiapkan langkah-langkah baru, menurut saya Batam ini Kota Wisata yang paling potensial untuk dikembangkan, menjadi kota wisata dunia,” kata Mustofa. Selasa (28/08) saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Mustofa yang juga mantan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) itu juga menjelaskan, ada banyak destinasi wisata yang perlu dikembangkan oleh pemerintah kota Batam.

Menurutnya, pemerintah kota Batam harus menampilkan daya tarik terutama pada basis wisata alam maupun budaya wisata yang ada di Kota Batam.

“Pemerintah Kota ini seharusnya bisa menampilkan kawasan di kota ini lebih menarik para pengunjung, sebab bila konsep wisata ini menarik, maka wisatawan akan lebih ramai berkunjung ke kota ini, dan ini juga akan menambah PAD (Pendapatan Anggaran Daerah) buat Kota Batam,” jelas Mustofa.

Berdasarkan Data Dinas Pariwisata Kota Batam pada Juli 2018, jumlah pengunjung yang datang berwisata ke Kota Batam hanya mencapai 700 ribu orang. Sementara itu, Pemerintah Kota Batam menargetkan pada tahun 2018 ini sebanyak 1,8 Juta orang Wisatawan. “Tentu target ini meleset jauh yah, dan tentunya harus ada evaluasi,” tambah Mustofa.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Riau tahun 2016 jumlah pengunjung wisatawan ada sebanyak 1.514.119 kunjungan.

Sementara itu, untuk pengunjung wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kepulauan Riau pada februari 2018 ini, hanya mencapai pada angka 234.156 kunjungan. Sementara itu, jumlah pengunjung wisatawan mancanegara pada maret 2018 ini, berkisar pada persentase angka 47,04 persen.

“Ada banyak langkah yang harus dilakukan Pemerintah Kota, diantaranya harus membangun akses yang baik menuju tujuan lokasi wisata, artinya, jangan sampai pengunjung itu kesulitan untuk mengakses wisata di Batam yang ingin dituju,” pungkas Mustofa. (KRS).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru