oleh

Jumlah Wisatawan di Batam Menurun, Calon DPD Kepri Merasa Prihatin

Jumlah Wisatawan di Batam Menurun, Calon DPD Kepri Merasa Prihatin

BATAM, KICAUNEWS.COM – Pemerintah Kota Batam pada tahun 2018 ini kembali menargetkan jumlah wisatawan sebesar 1,7 Juta orang pengunjung. Meskipun demikian, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam itu, tidak mencapai target maksimal.

Mantan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja yang saat ini ikut kontestasi di Pemilu 2019 menjadi Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan, melesetnya target pemerintah, soal jumlah wisata, harus menjadi perhatian semua pihak.

“Bila meleset dari target, ini jumlah pengunjung wisata, seharusnya hal ini bisa menjadi perhatian semua pihak.” kata Mustofa Widjaja, selasa (28/08) kepada Redaksi, saat dihubungi.

Menurut Mustofa, untuk dapat meningkatkan hal tersebut, Pemerintah Kota Batam, harus membuat langkah-langkah pasti, agar jumlah wisata di kota Batam bisa lebih meningkat, baik dari luar negeri maupun dalam negeri, untuk kedepannya.

“Harus ada langkah pasti, untuk bisa meningkatkan jumlah Wisatawan di kota Batam ini, baik pengunjung dari luar negeri, maupun pengunjung dalam negeri,” kata Calon Anggota DPD Kepulauan Riau, Mustofa Widjaja.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kepulauan Riau tahun 2018, secara keseluruhan jumlah pengunjung wisata di kota Batam ada sebanyak, 74,76 Persen.

Angka tersebut, secara keseluruhan mengalami peningkatan, dibandingkan tahun sebelumnya, yang berjumlah sebesar 132.551 kunjungan. Jumlah ini terdiri dari pengunjung dalam negeri dan juga mancanegara.

Sementara itu, untuk pengunjung wisata mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Kepualaun Riau terhitung pada Januari-Maret 2018, di dominasi oleh Wisatawan Mancanegara, dengan jumlah sebesar 47,04 Persen. Sementara untuk jumlah pengunjung dalam negeri belum diketahui jumlahnya.

“Bila melihat data yang ada, jumlah Wisatawan di dalam negeri yang berkunjung ke Lombok, lebih sedikit dibandingkan dengan wisatawan dari Mancanegara, ini juga harus bisa menjadi perhatian buat semua pihak, terutama oleh Pemerintah Kota Batam,” tambah Mustofa.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Batam, pada tahun 2018 hanya mencapai pada angka 700 orang. Jumlah tersebut, bila melihat dari target Pemerintah Kota Batam, justru tidak mencapai target, sebelumnya Pemerintah Kota Batam, pada tahun 2018 menargetkan pengunjung wisata sebanyak, 1,5 orang pengunjung.

Mustofa saat dihubungi Jurnalis, merasa prihati atas menurunnya angka wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam. Ia berharap, kedepannya Jumlah Wisatawan di Batam bisa lebih meningkat.

“Saya berharap, kedepannya jumlah pengunjung ke destinasi wisata di Batam ini dapat meningkat, dan ini juga salah satu motivasi saya, kenapa saya mencalonkan diri di DPD Kepri pada Pemilu 2019 ini,” tambah Mustofa. (KRS).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru