oleh

Setelah Dikritisi Oleh Bawaslu Kota Jaktim dan Partai Politik Akhirnya Dpt Kota Jakarta Timur Ditetapkan

JAKARTA,KICAUNEWS.COM –Pasca penundaan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tanggal 21 Agustus 2018 atas rekomendasi Bawaslu Kota Jakata Timur, Akhirnya pada hari Sabtu tanggal 25 Agustus 2018,  KPU Kota Jakarta Timur kembali melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP Akhir dan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Jakarta Timur. Beberapa Partai politik peserta pemilu terlihat mengkritisi dan meminta penjelasan dan klarifikasi terhadap  DPT yang akan ditetapkan,

Dibandingkan dengan Jumlah DPSHP yang ditetapkan  pada tanggal 22 Juli 2018 ada beberapa perubahan jumlah daftar pemilih tetap sebagai berikut:

– Ada Pengurangan TPS 22 TPS dari jumlah 7818. menjadi 7796 TPS
– Ada penambahan 19.139 pemilih baru dan pencoretan/penghapusan sekitar 29.279 pemilih karena tidak memenuhi syarat (TMS) termasuk didalamnya pemilih ganda.

Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Jakarta Timur Untuk Pemilu Serentak 2019 ditetapkan pada tanggal 25 Agustus 2018 berjumlah sebagai berikut:
Jumlah Kelurahan: 65
Jumlah Kecamatan: 10
Jumlah TPS : 7.796
Pemilih Lk : 1.005.608
Pemilih Pr : 1.021.874
Total Jumlah Pemilih Tetap DPT : 2.027.482.

Beberapa hari sebelumnya Bawaslu Kota Jakarta Timur, telah bersurat kepada KPU Kota Jakarta Timur yang pada intinya menyampaikan agar dalam proses pemutahiran dan perbaikan data pemilih KPU Kota Jakarta Timur agar memastikan semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih sesuai aturan perundang-undangan agar masuk terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan dalam melakukan pencoretan/penghapusan data pemilih KPU Kota Jaktim memastikan agar data pemilih yang dicoret benar- benar data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Pasca penetapan DPT kemarin, kemudian KPU Kota Jakarta Timur akan melakukan Pengumuman DPT kepada publik sejak tanggal 28 Agustus 2018 sampai waktu Pemungutan Suara tanggal 17 April 2019.

Baca juga :  Polsek Serpong dan Bhayangkari Membagikan Ta'jil dan Makanan Buka Puasa di Wilkum Polsek Serpong

Selanjutnya KPU Kota Jakarta Timur akan menyusun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yaitu Pemilih yang sudah terdaftar di dalam DPT tetapi karena keadaan tertentu tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS tempat terdaftar dan akan memberikan suaranya di TPS lain misalkan karena menjalani rawat inap di RS, menjadi tahahan di Lapas/ Rutan/ Kepolisian, menjalankan tugas pemerintah, tugas pekerjaan ditempat lain, tugas belajar, pindah domisili, tertimpa bencana alam dsb.

Daftar Pemilih Tambahan ini harus melapor kepada PPS ditingkat kelurahan untuk di daftar dan mendapatkan Form A-5. Kemudian DPTb tersebut akan ditetapkan tanggal 10 Maret 2019 dan diumumkan kepada publik tanggal 19 Maret 2019.

Terkait dengan DPTb ini Bawaslu Kota Jakarta Timur menghimbau agar KPU Kota Jakarta Timur  melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit, Lapas, Rutan, Panti Sosial, Tahanan di Kepolisian (instansi terkait yang dimungkinkan terdapat Pemilih Tambahan. Diharapkan agar semua warga pemilih yang tehah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2019.

Untuk info,Komisioner Bawaslu Kota Jakarta Timur : Syahrozi,Marhadi,Ahmad S,Prayogo,Tami widi

(A W)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru