oleh

Dinilai Sesuai Target RPJMN, Jokowi Akui Peran Penting BPK

Jakarta, Kicaunews.com – Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mempunyai peranan penting dalam mengawal pengelolaan dan peningkatan kualitas pertanggungjawaban keuangan negara.

Demikian dikatakan Presiden RI Jokowi Dodo dijakarta pada kamis 16/8/2018.

“BPK melalui berbagai rekomendasi serta sejumlah dukungan lainnya telah berhasil memastikan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan sebagian besar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2017,” Ujarnya.

Tidak hanya itu, Lanjut Jokowi, Rekomendasi BPK yang diiringi dengan beragam dukungan lainnya juga berhasil menaikkan kualitas laporan keuangan dari beberapa pemerintah daerah sesuai target yang ditetapkan pada RPJMN 2015-2019.

Di tahun 2018, Rinci Jokowi, BPK berinisiatif memberikan perhatian khusus pada suksesnya pengelolaan dana desa yang menyerap porsi cukup besar dari anggaran pemerintah.

Tidak kalah penting, lanjut Jokowi, BPK juga melanjutkan komitmennya untuk ikut mendukung pengelolaan kinerja keuangan internasional, guna menyukseskan pembangunan antarbangsa di bawah agenda PBB.

BPK terus aktif dalam berbagai Kongres Asosiasi Badan Pemeriksa Keuangan Sedunia atau INTOSAI.

“BPK juga telah mengkoordinasikan persiapan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atauSustainable Development Goals 2030 yang telah ditetapkan PBB,” ungkap dia.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru