oleh

Pasca di Tetapkan Jadi Tersangka, Kemendagri Keluarkan SK Plt Bupati Lampung Selatan

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akhirnya menerbitkan SK tentang Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan dan telah dikirim ke Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, pada Selasa (31/7/2018).

Penerbitan SK tersebut dilatar belakangi Pasca ditetapkannya Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan sebagai tersangka terkait operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Jumat, (27/7) lalu.

Begitu disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. Bahtiar dalam siaran persnya yang diterima redaksi pada kamis, 2/8/3018

“penerbitan SK Plt Bupati Lampung Selatan tersebut berdasarkan surat Mendagri Nomor 131.18/5295/SJ, tanggal 30 Juli 2018 yang ditujukan ke Wakil Bupati Lampung Selatan,” Kata Bahtiar

Birokrat bergelar doktor itu menambahkan, dimana berdasarkan pasal 65 ayat 3 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Lebih rinci dikatakan Bahtiar, pasal 65 ayat 4 dimana dalam hal kepala daerah yang sedang ditahan, wakil kepala daerah melaksanakan tugas sebagai kepala daerah. Jadi sebenarnya secara hukum, otomatis karena sudah mendapat mandat langsung dari UU Pemda.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru