oleh

Pasca di Tetapkan Jadi Tersangka, Kemendagri Keluarkan SK Plt Bupati Lampung Selatan

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akhirnya menerbitkan SK tentang Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan dan telah dikirim ke Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, pada Selasa (31/7/2018).

Penerbitan SK tersebut dilatar belakangi Pasca ditetapkannya Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan sebagai tersangka terkait operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Jumat, (27/7) lalu.

Begitu disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. Bahtiar dalam siaran persnya yang diterima redaksi pada kamis, 2/8/3018

“penerbitan SK Plt Bupati Lampung Selatan tersebut berdasarkan surat Mendagri Nomor 131.18/5295/SJ, tanggal 30 Juli 2018 yang ditujukan ke Wakil Bupati Lampung Selatan,” Kata Bahtiar

Birokrat bergelar doktor itu menambahkan, dimana berdasarkan pasal 65 ayat 3 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Lebih rinci dikatakan Bahtiar, pasal 65 ayat 4 dimana dalam hal kepala daerah yang sedang ditahan, wakil kepala daerah melaksanakan tugas sebagai kepala daerah. Jadi sebenarnya secara hukum, otomatis karena sudah mendapat mandat langsung dari UU Pemda.(Red)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru